Kenapa Harus Lingkungan Lagi?

Sumber:Kompas - 02 Mei 2008
Kategori:Sampah Jakarta

Well, teman-teman…. Lu pasti tahu kan apa itu pemanasan global atau yang bahasa kerennya global warming? ”Coz”, masalah ini udah jadi headline di banyak media cetak ataupun media massa, tapi… yang jadi pertanyaan di sini, kenapa ya orang-orang masih enggak peduli terhadap lingkungan yang semakin hari semakin rusak.

Padahal mereka sudah ngerasain dampaknya, kayak Bumi yang panas banget kalo siang hari, bahkan malem-malem pun masih kerasa gerah. Coba kalo kita bandingin Jakarta sama kota-kota di negara lain, yang dekat dulu deh, misalnya… Singapura.

Bayangin, cuma dalam waktu beberapa jam aja (kalo kita naik pesawat lho), kita bisa temuin perbedaan yang LUAAR BIASA. Kalo dari atas, di Indonesia yang kelihatan cuma tanah kosong sama hutan yang udah botak, ompong, dan amat gersang. Sedangkan di Singapura, kita langsung disambut sama macam-macam pohon yang hijau banget.

Sampah? Hm… kayaknya enggak ada tuh. Lu pada tahu enggak sih kenapa Singapura bisa sampe kayak gitu??? Sebenernya semua itu karena orang-orangnya disiplin dan peduliii banget sama lingkungannya.

Hm… sekarang kita pindah ke negara yang lebih jauh sedikit, China, yang katanya kotor, jorok, dan penuh polusi, dengan penduduknya yang seabrek. Katanya…, mereka enggak peduli dengan lingkungan, buang sampah sembarangan, ngeludah sembarangan.

Tapi… itu dulu lho. Sekarang China sudah berbenah jadi negara bersih, bahkan lebih bersih dari Indonesia. Kok bisa ya dalam waktu singkat China sukses mengubah negaranya 180 derajat? Sebenarnya… yang diubah bukan negaranya, tapi pola pikir penduduknya.

Kalau mau berubah, semua orang harus mau sadar, peduli sama lingkungan tuh penting banget. Lingkungan tempat kita hidup, tempat kita berinteraksi. Kalau kata orang bijak nih, ”Berilah Bumimu sebanyak apa yang telah diberikannya kepadamu.”

Jangan jadi anak muda yang cuek, jangan mau enaknya aja. Bumi kan udah kasih banyaak banget buat kehidupan kita, mulai dari air, udara, dan lain-lainnya, gratis pula!!! Jadi… kita juga harus kasih sesuatu buat Bumi ini, harus mau ngejaga Bumi.

Eits, tapi kita jangan cuma ngomong doang, kita harus tunjukin dan kasih bukti nyata kalau kita peduli sama lingkungan. Salah satunya dengan mau membiasakan diri dengan kebersihan, yang paling gampang dengan buang sampah ke tempatnya.

Misal, kalau abis jajan dari kantin, lu enggak boleh sembarangan buang bungkus sisa makanan. Meskipun sudah ada petugas kebersihan di sekolah yang bakal ngebersihin.

Hm… guys… lu tahu enggak sih? Kalau orang kita ke luar negeri, mereka bisa jadi orang yang bersiiih banget, benar-benar berubah jadi orang yang menghargai lingkungan. Tapi, kenapa ya? Kalau sudah balik ke negaranya (Indonesia), kumat lagi budaya joroknya. Padahal kalau dipikir-pikir, masak di rumah orang bisa bersih, eh di rumah sendiri, tempat dia hidup, malah enggak bisa menjaga kebersihan?

Makanya… kita harus bangkit dan mulai melakukan pembaruan. Kalo bukan kita, siapa lagi?! Ya, enggak sih?! Banyak hal yang bisa kita buat untuk Bumi tercinta ini.

Mau tahu? Misalnya sampah. Barang yang dianggap paling menjijikkan sedunia, plus kotor, jorok, dan identik dengan bau yang enggak sedap ini ternyata bisa memberikan manfaat yang buanyak banget.

Sampah yang didaur ulang membuat lingkungan jadi bersih, bisa menghasilkan pundi uang yang lumayan, selain dapat mengurangi polusi. Hanya dengan modal keuletan, kemauan, dan kreativitas, barang-barang unik dan lucu bisa dilahirkan dari sampah yang menjijikkan itu. Misalnya, kita bisa membuat kotak pensil, bingkai foto, tempat tisu, atau suvenir lucu lainnya.

So, kita TIM MuDA, enggak ada habis dan capeknya untuk berusaha membuat orang sadar akan masalah lingkungan. Biarpun bagi sebagian besar orang ini masalah klise. (Tim SMA Santa Ursula Jakarta)



Post Date : 02 Mei 2008