Kebocoran Pipa Induk Hambat Pasokan Air

Sumber:Pikiran Rakyat - 18 Maret 2007
Kategori:Air Minum
CIANJUR, (PR).-Distribusi air bersih dari PDAM Tirta Dharma Kab. Cianjur kepada para pelanggan sering terhambat. Salah satu penyebab terhambatnya pasokan air kepada pelanggan tersebut dikarenakan kebocoran pipa, seperti yang terjadi pada pipa di sekitar Jalan Raya Pangeran Hidayatullah Kab. Cianjur.

Akibat kebocoran pada pipa di lokasi tersebut, sebagian besar pelanggan konsumen PDAM yang ada di wilayah Cianjur Kota terancam tidak akan menerima pasokan air. Pasalnya dalam waktu dekat, PDAM akan melakukan perbaikan terhadap pipa induk distribusi yang mengalami kebocoran.

Mengenai hal tersebut, Plt. Direktur PDAM Tirta Dharma Kab. Cianjur Nurul Komariah membenarkannya. Menurut dia, akibat adanya kebocoran pada pipa induk menyebabkan distribusi air kepada para pelanggan menjadi terhambat. Malahan, kemungkinan besar mulai Selasa (20/3) nanti, aliran air kepada sebagian besar pelanggan PDAM yang ada di wilayah Cianjur Kota akan terhenti.

Dikatakan, terhentinya pasokan air kepada pelanggan itu terjadi bersamaan dengan akan dilakukannya perbaikan terhadap pipa induk yang saat ini mengalami kebocoran. Lokasi pipa induk distribusi yang bocor dan akan diperbaiki itu berada di depan Kantor PMI Cianjur, sekitar Jalan Pangeran Hidayatullah. "Jadi mulai Selasa nanti, aliran air ke sebagian besar konsumen di Cianjur Kota akan terhenti dan pelanggan tidak akan menerima pasokan air," ujarnya.

Terkait dengan kondisi tersebut, diungkapkan Nurul, pihaknya mengimbau kepada masyarakat pelanggan PDAM, agar mempersiapkan cadangan air di rumahnya masing-masing sambil menunggu perbaikan selesai. "Dari rencana teknis, diperkirakan aliran air akan terhenti selama dua hari. Soalnya perbaikan baru akan selesai Kamis (22/3). Jadi kami imbau, konsumen bisa menyiapkan cadangan air, menunggu perbaikan selesai," ujarnya.

Nurul mengatakan, pihaknya telah menyiapkan antisipasi melayani kebutuhan air pelanggan, selama pasokan air terhenti. Bentuk pelayanan dengan menyiapkan bantuan air yang dikirim melalui mobil tangki. Sehingga diharapkan bisa melayani kebutuhan air pelanggan yang distribusi airnya terhenti. "Kami menyiapkan layanan kiriman air menggunakan mobil tangki," katanya. (A-116)



Post Date : 18 Maret 2007