Kebocoran Air PDAM Tinggi

Sumber:Koran Sindo - 14 Januari 2008
Kategori:Air Minum
PEKALONGAN (SINDO) Tingkat kebocoran air PDAM Kota Pekalongan cukup tinggi, yakni sekitar 42%. Hal itu diakibatkan banyak pipa besi yang bocor dan air yang terbuang percuma.

Direktur PDAM Kota Pekalongan Yani Setiawan mengungkapkan, kerusakan pipa merupakan penyebab utama kebocoran dibanding penyebab lainnya. Hal itu dikarenakan masih banyak instalasi pipa air saat ini merupakan peninggalan zaman Belanda, katanya kepada SINDO,kemarin.

Selain itu, lanjut dia,kondisi pipa-pipa besi itu rentan bocor karena letaknya kebanyakan dilalui kendaraan berat. PDAM menargetkan mampu menekan kebocoran air hingga 30%. Saat ini PDAM Kota Pekalongan melayani 14.400 pelanggan atau 39% dari seluruh penduduk di Kota Batik.

Sumber air diperoleh dari mata air Rogo Selo 30 liter/detik, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan 27 sumur artetis yang menyuplai 10 liter/detik. Menurut Yani,tahun ini pihaknya akan menarik investor untuk memperluas jaringan pelanggan hingga ke seluruh daerah. Selain tingginya kebocoran air,kata dia, PDAM juga dipusingkan dengan banyaknya tunggakan pelanggan yang mencapai hampir Rp1 miliar.

Hingga akhir 2007 lalu,PDAM telah mencabut 400 meteran milik pelanggan akibat menunggak pembayaran. Angka tunggakan ini sedikit turun dari tahun sebelumnya yang di atas Rp1 miliar. Mereka yang meterannya kami putus, bisa jadi pelanggan lagi kalau sudah membayar seluruh tagihan,ujarnya.

Sementara itu Dani, 40, warga Kel Sapuro,Kec Pekalongan Barat mengeluhkan sering tidak lancarnya pasokan air PDAM. Hal itu sering terjadi pada siang hari. (kastolani)



Post Date : 14 Januari 2008