Kawasan Tergenang Banjir di Pantai Utara Meluas

Sumber:Kompas - 05 Februari 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Subang, Kompas - Kawasan yang tergenang banjir di wilayah pantai utara Kabupaten Subang dan Karawang meluas pada Minggu (4/2). Hujan yang turun sejak Sabtu sore menyebabkan sejumlah sungai meluap ke areal persawahan serta permukiman warga.

Di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, kawasan yang tergenang meluas dari lima desa menjadi sepuluh desa. Lima desa yang mulai tergenang banjir antara lain Desa Sukamaju, Batangsari, Sukasari, Sukareja, dan Rancasari.

Sujadi, Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan Pamanukan, mengatakan, sejumlah sungai meluap sejak Sabtu malam. Selain Sungai Cigadung yang sering meluap sejak awal pekan lalu, Sungai Pangaritan, Batanggede, serta Batangleutik juga meluap.

Ia menambahkan, genangan air ditemukan di hampir seluruh desa yang dilalui Sungai Cigadung. Menurut dia, hanya wilayah permukiman di empat desa di Pamanukan, yaitu Desa Bongas, Mundusari, Curugreja, dan Pamanukan Sebrang, yang tidak terendam air.

Menurut Sujadi, kawasan yang tergenang lebih luas dibandingkan dengan Selasa pekan lalu ketika hujan turun selama dua hari satu malam. Selasa malam lalu, kawasan yang tergenang meliputi 434 hektar sawah dan 2.073 rumah warga.

Sementara itu, posko di Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, mencatat sebanyak 3.955 rumah warga tergenang, kemarin. Selain itu, air juga merendam sekitar 180 hektar tanaman padi dan 835 hektar lahan persemaian.

Mengungsi

Berdasarkan data di posko bencana alam Kecamatan Pamanukan, hingga Minggu siang sebanyak 8.459 warga dari empat desa mengungsi ke 33 titik pengungsian. Lokasi pengungsian itu antara lain di Desa Pamanukan Kota, Lengkong Jaya, Pamanukan Hilir, dan Rancasari.

"Kami kesulitan mendata jumlah warga di lokasi yang tidak bisa dilalui perahu karet. Jumlah diperkirakan bertambah," ujar Sujadi.

Titik pengungsian itu antara lain rumah-rumah penduduk, masjid, gedung-gedung perkantoran, serta kolong Jalan Layang Pamanukan. Menurut dia, penyaluran bantuan kepada korban masih terkendala prosedur pencairan.

Warim (27), warga Kampung Kedunggede Kaler, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, mengatakan, warga belum menerima bantuan dari pemerintah. Menurut dia, sejumlah warga mulai sakit-sakitan dan membutuhkan pengobatan.

Sementara itu, Cecep Supriatna, Camat Pamanukan, yang ditemui Sabtu lalu mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan pengobatan Senin ini. Bantuan itu diberikan bersama tim medis dari puskesmas setempat. Di Kabupaten Karawang, banjir merendam sejumlah desa yang dilalui Sungai Cibeet. Ribuan rumah serta warga juga terpaksa mengungsi ke lokasi-lokasi yang lebih tinggi sejak Sabtu sore. Beberapa desa yang terendam air di Karawang antara lain Desa Mulyajaya, Mekarmulya, serta Parungsari.

"Warga sudah mengungsi sejak Sabtu sore karena air semakin tinggi. Sebenarnya mereka sudah kembali tadi pagi, tetapi air naik lagi pada siangnya," ujar Amung Sutisna (36), warga Kampung Rancasepat, Desa Mulyajaya.

Kampung-kampung di Desa Mulyajaya yang paling parah terendam antara lain Kampung Rancaguha, Rancajolang, Bojong, serta Babakan Citoke. Banjir juga membuat Kampung Mujiah, Desa Mekarmulya, terisolasi. (MKN)v

Post Date : 05 Februari 2007