Kampanye Isu dan Cara Melobi

Pengarang:Democrito T. Mendoza, Sri Kusdyantinah (Penterjemah)
Penerbit:Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2004, Ed.1, xxvi + 108 hal
No. Klasifikasi:324.72 MEN k
Kata Kunci:lobbying, isu, politik
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Buku pedoman ini disusun ketika krisis moneter Asia sedang memuncak, dan buruh serta keluarganya menanggung pukulan terberat karena keadaan ekonomi yang sedang ambruk. Di seluruh kawasan Asia Pasifik banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penurunan upah.

Buku ‘Pedoman Aksi Langsung Kampanye Isu-isu dan Cara Melobi’ ini menyediakan analisis mendalam tentang bagaimana masyarakat madani mengorganisir diri untuk mendapatkan daya kekuatan ditengah perubahan. Ide utama buku ini adalah rakyatlah yang mampu mengorganisir diri untuk memberikan alternatif-alternatif baru dengan mengutamakan kepentingan publik. Selain berupa aksi langsung, buku ini juga menjelaskan bagaiman lobi bisa dibangun.

Dengan melihat keseluruhan isi buku ini, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan.Pertama, pembaca bisa mendapatkan gambaran komprehensif mengenai kampanye isu dan cara melobi yang tepat sasaran. Kedua, pembaca diajak berpikir kritis atas tawaran ide-ide pemunculan isu dan kegiatan lobi. Ketiga, pembaca diajak mengeksplorasi ide-ide dengan banyak segi (multifacet) dengan cara mengenalkan elemen-elemen penting yang perlu dilibatkan secara aktif (pers, anggota dewan, sumber daya organisasi). Pemahaman ketiga hal tersebut menjadi dasar kuat pembangunan kapasitas masyarakat madani.

Daftar isi:

Pendahuluan
Pengantar: Bekerja untuk “pembasisan” Politik dan Partisipasi Massa oleh Munir
Bab 1Pengantar
Bab 2Prinsip-Prinsip untuk Mengorganisasi Aksi Langsung dan Melobi
Bab 3Memilih Isu
Bab 4Mengembangkan Strategi
Bab 5Pedoman Membuat Taktik
Bab 6Laksanakan Agenda Legislatif dan Sosial
Bab 7Advokasi
Bab 8Melobi Langsung
Bab 9Jaringan Kerja Koalisi untuk Aksi Langsung dan Melobi
TambahanStudi Kasus tentang Lobi
Reformasi Pemilihan


Post Date : 15 Juni 2007