Kami Bisa! (Sekolah Lapangan untuk Ketahanan Daerah Aliran Sungai dan Kesehatan)

Pengarang:Craig Thorburn
Penerbit:Jakarta, Field Indonesia (ESP) DAI & USAID, Januari 2010, xiv + 76 hal
No. Klasifikasi:333.91 THO k
Kata Kunci:sumber daya air, Daerah Aliran Sungai (DAS), sekolah lapangan, kesehatan
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan ESP, Telp. 021-7209594
Kategori:Buku

Program Jasa Lingkungan (Environmental Service Program - ESP) USAID mempromosikan tingkat kesehatan yang lebih baik dengan memperbaiki pengelolaan sumber daya air dan meningkatkan akses air bersih dan layanan sanitasi. ESP melakukan pendekatan ’Dari Hulu ke Hilir, untuk memastikan ketersediaan air bersih dengan melindungi sumber-sumber air yang rentan di dataran tinggi; bekerja sama dengan para pihak penyedia dan pengguna sumber daya air di dataran rendah. Tiga komponen dalam program ESP meliputi: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Konservasi Keanekaragaman Hayati; Kegiatan Jasa Lingkungan; dan Pendanaan Jasa Lingkungan. Ekosistem DAS di dataran tinggi yang dikelola dengan baik menentukan keberhasilan seluruh program ESP; tanpa pengelolaan DAS yang baik; hanya akan sedikit perbaikan terjadi dalam penyaluran air ke daerah hilir maupun sanitasi lingkungan di daerah hilir. Satu pendekatan yang dikenal sebagai Sekolah Lapangan (SL) telah diadaptasi sebagai strategi utama dalam komponen program kunci ini, yang dilaksanakan bersama masyarakat, yang mendiami maupun yang berdekatan dengan wilayah resapan DAS yang vital.

Buku ini menjabarkan adaptasi ESP dan aplikasi model SL untuk mempromosikan pertanian berbasis kehutanan berkelanjutan dan pengelolaan DAS terpadu di sejumlah provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. SL-ESP fokus pada siklus hidrologis sebagai konsep dasar pengorganisasian, yang dipadukan dengan Kerangka Perikehidupan Berkelanjutan (sustainable livelihoods framework) sebuah model konseptual yang membantu para peserta menggali hubungan antara sumber daya, struktur, aksi, kemampuan, dan dampak yang memuat unsur sosial, ekonomi, serta lingkungan hidup. Model dasar SL-ESP telah diadaptasi ke sejumlah kondisi dan konteks tertentu yang dihadapi oleh kelompok masyarakat di masing-masing wilayah yang berada di dalam wilayah kerja ESP, sehingga melahirkan berbagai rencana aksi dan aktivitas tindak lanjut.

Daftar Isi:

Acuan
Kata Pengantar
Ucapan Terimakasih
Daftar Isi
Executive Summary/ Ringkasan Eksekutif
Daftar Istilah dan Singkatan

1.    Pendahuluan
1.1    Bagaimana Caranya
1.2    Kita Butuh Roh Sekolah Lapangan

2.    Berawal dari Sawah
2.1    Menggerakkan Sekolah Lapangan
2.2    Masyarakat PHT

3.    Sekolah Lapangan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai ESP
3.1    Kerangka Kerja Perikehidupan Berkelanjutan
3.2    ToT di Solok
3.3    Sekolah Lapangan di Daerah

4.    Daya Dongkrak dan Perluasan
4.1    Hari Temu Lapangan
4.2    Forum-forum
4.3    Jejaring dan Kemitraan
4.4    Dukungan Kebijakan

5.    Sekolah Lapangan untuk Daerah Aliran Sungai dan Kesehatan
5.1    Pembangunan
5.2    Keberlanjutan
5.3    Degradasi, Konservasi dan Pengelolaan Lahan
5.4    Partisipasi
5.5    Pendidikan Non-Formal untuk Orang Dewasa

6.    Epilog: Sebuah Monumen Keran di Sukamulya

FIELD Indonesia
ESP (Environmental Services Program)
Rujukan



Post Date : 02 Maret 2010