Kalteng Terendam, Palembang Terancam

Sumber:Kompas - 2 Desember 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Palangkaraya, Kompas - Memasuki musim penghujan ini beberapa daerah di Kalimantan Tengah mulai terkena banjir. Banjir terparah, Kamis (1/12), terjadi di Kabupaten Lamandau, menggenangi 11 desa di Kecamatan Bulik dan Lamandau. Ketinggian air 0,5 hingga 1,5 meter.

Sekitar 500 warga yang rumahnya terendam banjir saat ini mulai mengungsi ke bangunan yang aman, terutama gedung-gedung sekolah. Warga yang bertahan hanya yang berdiam di rumah lanting, yakni rumah kayu yang mengapung di sungai.

Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran menuturkan, Pemerintah Provinsi Kalteng mulai mendrop bantuan, antara lain 10 ton beras dan mi instan, ke Lamandau yang terendam banjir.

Di Palembang dan beberapa daerah di Sumatera Selatan, sejumlah sungai dan anak sungai mulai pasang dan airnya meluap hingga ke perkampungan penduduk. Warga memperkirakan, banjir tahunan akan segera melanda kawasan itu.

Pemantauan Kompas di Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Kamis, Sungai Lais meluap sejak akhir Oktober lalu. Air luapan sungai masuk ke perkampungan penduduk. Pemandangan serupa terlihat di Sungai Musi dan Sungai Kramasan. Ketinggian air di sekitar jembatan Ampera dan Jembatan Musi II lebih tinggi dari sebelumnya. (cas/iam)



Post Date : 02 Desember 2005