Kalimantan Selatan Dilanda Banjir dan Longsor

Sumber:Kompas - 16 April 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BANJARMASIN, KOMPAS - Akibat hujan lebat dan luapan air sungai, sebagian wilayah Kabupaten Balangan, Kota Baru, dan Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan dilanda banjir. Ratusan rumah tempat bernaung lebih dari 1.000 keluarga terendam banjir setinggi 1,5 meter sejak Rabu (14/4).

Sebagian warga mengungsi ke tempat sanak keluarga. Sebagian lain bertahan dengan mendirikan panggung papan di dalam rumah untuk tidur dan menyimpan harta benda.

Pada saat yang sama, Desa Bagak, Kecamatan Hatungan, Kabupaten Tapin, terisolir akibat tanah longsor yang menghantam empat jembatan ke desa itu. Hingga Kamis, desa yang terletak sekitar 20 kilometer dari Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin, itu belum bisa dimasuki mobil.

Koordinator Tagana Tapin Sugiri mengatakan, lima titik longsor menuju desa itu sudah dibersihkan. Kini sepeda motor bisa melewati jembatan darurat dari batang pohon kelapa.

Wakil Bupati Balangan Ansharuddin yang dihubungi dari Banjarmasin mengatakan, banjir di Kabupaten Balangan merendam rumah milik 600 keluarga di delapan desa di Kecamatan Juwai. Luapan air Sungai Balangan juga menggenangi sebagian Kecamatan Paringin Selatan dan Tebingtinggi. Sekitar 30 hektar sawah ikut tergenang. Aktivitas warga nyaris lumpuh. Untuk bepergian, warga memakai perahu. Para siswa enam SD, satu SMP, dan satu SMA diliburkan.

Di Kabupaten Kota Baru, banjir menerjang Desa Karangpayau, Kecamatan Kelumpang Hulu. Kepala Desa Karangpayau Harbani mengatakan, ada 139 keluarga yang rumahnya terendam banjir akibat luapan Sungai Cantung bersamaan air laut pasang.

Menurut Sekretaris Dinas Sosial dan Transmigrasi Tanah Bumbu Ardiansyah, sekitar 500 rumah di Desa Rukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, terendam banjir. (WER)



Post Date : 16 April 2010