Jumlah Dukuh Kesulitan Air Bertambah

Sumber:Suara Merdeka - 13 November 2006
Kategori:Air Minum
KENDAL- Memasuki bulan kedelapan musim kemarau ini, permukiman penduduk yang mengalami kesulitan air bersih di wilayah Kendal semakin meluas.

Saat ini sedikitnya terdapat 17 dukuh yang kesulitan air bersih. Padahal, sebelumnya hanya sembilan dukuh.

''Jumlah dukuh yang kesulitan air bersih, sejak dua pekan lalu bertambah delapan. Delapan dukuh itu berada di tiga wilayah kecamatan, yaitu Patean (Dukuh Rowo, Robyong dan Curug berada di Desa Curugsewu), Sukorejo (Harjodowo), Ringinarum (Jatigawok Desa Kedungasri,'' kata Kasubag Kesos Bagsos Setda Sumaryatmo, kemarin.

Dijelaskan, sebelumnya sejumlah dukuh yang telah kekeringan terlebih dulu seluruhnya berada di tiga desa Kecamatan Patean (Desa Sidodadi terdapat empat dukuh dan Desa Sidokumpul terdapat empat dukuh), serta Kecamatan Pegandon (satu dukuh).''

''Karena jumlah yang kekeringan bertambah, maka pasokan air bersih ikut meningkat. Untuk daerah atas, seperti Kecamatan Patean dan Sukorejo, setiap hari dipasok air rata-rata delapan tangki (5.000 liter/tangki). Semula pasokan air ke tempat itu masksimal enam tangki/hari.''

Tidak Dibatasi

Adapun untuk daerah bawah, imbuhnya, yakni Pegandon dan Ringinarum saat ini di kirim enam tangki/hari. Semula kebutuhan air ke tempat itu lima tangki/hari.

Pasokan air untuk mencukupi kebutuhan warga tidak akan dibatasi, dan akan terus berlanjut hingga mereka tidak lagi membutuhkan. Untuk droping air dilayani empat mobil tangki (dua milik Pemkab, dan dua unit lainnya bantuan dari Badan Koordinasi Wilayah atau Bakorwil Pati).

''Untuk daerah atas, kebutuhan air diperoleh dari mata air milik PDAM di Desa Pageruyung. Kami tidak bisa mengambil air di PDAM Sukorejo, lantaran debit air yang ada saat ini sudah tidak lagi mencukupi. Jika diambil, dikhawatirkan akan mengganggu konsumen PDAM,'' jelas Sumaryatmo.

Lebih lanjut dijelaskan droping air bersih didanai APBD II melalui pos bencana alam. Droping air dilakukan secara rutin pada Senin-Sabtu.

Penyaluran air bersih pada musim kemarau, sangat diharapkan ratusan warga yang bermukim di daerah rawan kekeringan. Sabtu (11/11) siang, saat droping digelar di Desa Sidokumpul, Patean terlihat puluhan warga antri untuk mendapatkan air bersih dari mobil tangki. (G15-16)



Post Date : 13 November 2006