Juli, Air PDAM Siap Minum

Sumber:Banjarmasin Post - 13 Juni 2007
Kategori:Air Minum
BANJARBARU, BPOST - Pelanggan PDAM Banjar mulai Juli nanti bisa menikmati air ledeng siap minum. Kendati begitu, baru pelanggan di beberapa kawasan yang bisa menikmati air minum PDAM ini.

"Saat ini sebenarnya air PDAM siap minum sudah siap untuk dialirkan. Kita hanya tinggal launching. Rencananya, Juli ini kita melakukannya," ujar Ir Rifki Basri, Dirut PDAM Banjar usai penanaman pohon di hutan pinus Mentaos, Senin (12/6).

Rifki mengatakan, layanan air PDAM siap minum ini belum bisa langsung dialirkan ke seluruh pelanggan. Sebab, pipa yang ada saat ini tidak memungkinkan karena sudah demikian lama sehingga ada kemungkinan air yang mengalir nantinya terkontaminasi.

Karenya, layanan air siap minum ini diberikan kepada pelanggan secara bertahap. Saat ini, katanya, baru bisa diberikan kepada pelanggan PDAM di beberapa lokasi. Di antaranya di Komplek Meranti, Pinus Indah, Tia Permata, Jalan Kasuari di kawasan Banjarbaru empat serta kawasan yang dekat dengan instalasi pengelohan air minum PDAM Banjar.

"Untuk bisa memberikan layanan air minum ini kita mendapat bantuan dari pusat sebesar satu miliar rupiah dari pusat. Dana tersebut, untuk membangun jaringan baru di kawasan tersebut," terangnya.

Rifki menegaskan, konsekuensi dari peningkatan kualitas air menjadi siap minum, tarif PDAM juga naik sekitar 20 persen dari air PDAM biasa.

"Harganya lebih mahal sekitar 20 persen di atas air PDAM yang biasa kita alirkan. Ini sesuai, dengan kualitas air yang kita alirkan. Pelanggan, bisa langsung meminumnya tidak perlu memasak lagi," ujar Rifki.

Saat penanaman pohon kemarin, Wakil Bupati Banjar KH Khatim Salman, mencoba meminum air siap minum PDAM dari kran yang tersedia di tengah-tengah taman hutan pinus, Mentaos. Tanpa ragu, ulama terkemuka di Martapura ini pun meminumnya habis.

"Wah segar rasanya," ujar Khatim berkomentar sesaat setelah meminumnya. mtb/wid



Post Date : 13 Juni 2007