Jaringan Air Bersih Segera Dibangun di Martubung

Sumber:Koran Sindo - 10 Agustus 2011
Kategori:Air Minum

MEDAN – Pemerintah Kota (Pemko) Medan bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi akan membangun instalasi pengolahan air minum (IPAM) dengan kapasitas 200 liter per detik.

Pembangunan itu diharapkan dapat memenuhi air bersih kebutuhan warga di kawasan itu. “Instalasi itu akan dibangun di perumahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan dengan menggunakan air baku dari Sei Deli. Pembangunan rencananya dilaksanakan bersama dengan Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PU melalui dukungan APBN,”ucap Wali Kota Medan Rahudman Harahap, dalam nota jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan APBD Perubahan 2011, di Gedung Dewan, kemarin.

Kesepakatan antara Pemko Medan dengan PDAM Tirtanadi tentang kerja sama pelayanan air minum ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Investasi Jangka Menengah (RPI JM) Bidang Keciptakaryaan. Orang nomor satu di Pemko Medan ini menambahkan, kebijakan dan program pemenuhan kebutuhan air bersih, khususnya untuk rumah tangga, merupakan tantangan bagi kedua belah pihak. “Kami melalui APBD sudah melaksanakan sejumlah program penyediaan sumur bor di lokasi rawan air bersih, termasuk kerja sama sambungan instalasi air bersih ke rumah-rumah kelompok masyarakat kurang mampu bersama PDAM Tirtanadi,”ucap Rahudman.

Terpisah,Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan Zulkarnain mengatakan,IPAM itu saat ini masih dalam tahap pematangan rencana. “Dijadwalkan tahun depan bisa dibangun, kemungkinan akan ditangani Dinas Peru-mahan dan Pemukiman,”tukasnya. Dia menyebutkan, selain berharap dukungan APBN, Pemko Medan juga akan menganggarkan dana pembangunan itu pada APBD. Sebelumnya, pihak PDAM Tirtanadi menyatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga, akan dibangun delapan sumur bor.Empat di antaranya selesai pada Agustus ini.

Namun untuk jangka panjang, pihaknya akan menambah kapasitas menjadi 500 liter per detik dari instalasi pengolahan air yang ada di cabang Sunggal. Pembangunannya sendiri direncanakan beroperasi awal 2013. Sementara itu, Sekretaris Fraksi PAN Aripay Tambunan mengatakan, ketersediaan air bersih mutlak dibutuhkan sebagai utilitas kota yang baik. Melihat kondisi terkini,PDAM memang tak mampu memenuhi air bersih masyarakat Medan.

“Kami minta ada sinergis. Kalau memang sudah ada kesepakatan pembangunan IPAM itu, maka akan kami tagih supaya segera direalisasikan,” pungkasnya. fakhrur rozi



Post Date : 10 Agustus 2011