Jangan Jadikan Laut sebagai Tempat Sampah

Sumber:Suara Pembaruan - 13 Mei 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

[MANADO] Pakar lingkungan dan mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim minta masyarakat menjaga laut agar tidak tercemar. Karena laut itu, penting untuk menurunkan emisi dan mengatasi pemanasan global, sekaligus untuk kepentingan manusia saat ini dan mendatang.

"Jadi, kita jangan menganggap enteng dengan laut, dan jangan dijadikan sebagai tempat sampah dan limbah terutama dari perusahaan dan juga masyarakat," kata Emil Salim dalam ceramahnya di depan sekitar 2.000 peserta simposium, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Manado Convention Center (MCC) Selasa (12/5). Simposium ini, merupakan kegiatan tambahan World Ocean Conference (WOC) ini akan membahas 32 materi dengan 676 makalah dari para peneliti dari puluhan negara.

Emil Salim menambahkan, kasus pencemaran laut, dengan pembuangan limbah, baik kapal maupun perusahaan tambang itu, harus ada diganti oleh mereka yang merusak. Namun, itu harus ada aturan yang jelas.

Terkait dengan masyarakat pesisir, Emil Salim juga menegaskan, semua pihak harus memperhatikan nelayan dan juga masyarakat miskin di daerah pesisir. Menurutnya, WOC merupakan langkah awal untuk menyusun berbagai aturan tentang laut, termasuk nelayan. [136]



Post Date : 13 Mei 2009