Jamin Pasokan Air Bersih Aman

Sumber:Jawa Pos - 03 September 2008
Kategori:Air Minum

MAGETAN - Pasokan air bersih di wilayah Magetan dijamin aman. PDAM memastikan sumber air Ondo-ondo dan Trojiwo masih mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Warga juga masih bisa memanfaatkan air yang ada di penampungan. ''Meski sekarang masih kemarau, pasokan air masih normal,'' jelas Seno, Direktur Teknik PDAM Magetan dikonfirmasi Radar Madiun, kemarin (2/9).

Ditambahkan, saat ini ada sebelas mata air yang diandalkan dengan 13 pompa yang dimiliki PDAM untuk menyuplai kebutuhan air bersih. Sedangkan debitnya diklaim masih relatif aman, dengan rata-rata 500 liter/detik. Pasokan air ini disalurkan kepada sekitar 45.000 saluran rumah atau pelanggan. ''Kami juga stand-by dengan tiga unit mobil tangki, jika sewaktu-waktu ada trouble atau kerusakan,'' terang Seno.

Khusus pelayanan selama ramadan dan menyambut lebaran, PDAM akan menyiapkan petugas piket khusus. Pada lebaran misalnya, dibagi petugas piket di bagian produksi dan. Diprediksi, saat bulan puasa dan lebaran, permintaan air bersih meningkat hingga 25 persen. ''Dua momentum puasa dan lebaran adalah waktu penting. Maka kami akan memberikan perhatian khusus untuk menjaga pelayanan karena biasanya pada saat lebaran kebutuhan air tentu berbeda, '' papar Seno.

Maklum, pada saat lebaran, jumlah pengguna air diperkirakan bertambah. Karena, sebagian warga Magetan pulang kampung. Meski menjamin pasokan air bersih aman, Seno tak menampik adanya kekurangan air di daerah yang berada di luar titik jangkauan pipa PDAM. Ini, terutama di daerah Magetan selatan karena kebanyakan belum memasang sambungan. (ota/irw)



Post Date : 03 September 2008