Jakbar Antisipasi Sampah Natal dan Tahun Baru

Sumber:Suara Pembaruan - 20 Desember 2005
Kategori:Sampah Jakarta
JAKARTA - Perayaan Natal 2005 dan Tahun Baru 2006 di Jakarta Barat diperkirakan "menghasilkan" sampah sebanyak 1.283 m3. "Untuk mengantisipasi membludaknya sampah tersebut, kami akan menyiapkan 1.462 petugas kebersihan yang tersebar di delapan kecamatan," ujar Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, Chaerul Mukti di Jakarta, Senin (19/13).

Chaeril mengemukakan, untuk Natal pihaknya mengerahkan 580 personel petugas kebersihan dan 42 truk pengangkut sampah. Sedangkan, untuk perayaan Tahun Baru yang lebih banyak aktivitas perayaan oleh masyarakat di jalan-jalan disiapkan 882 personel dengan 46 truk pengangkut sampah.

Pada perayaan Natal nanti, pihaknya akan terkonsentrasi di 25 gereja besar yang ada di Jakarta Barat, yang dipergunakan untuk kebaktian Natal.

"Sampah-sampah yang berhasil disapu dari sejumlah titik konsentrasi perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Jakarta Barat langsung kami bawa ke tempat penampungan sampah sementara (TPS) di masing-masing wilayah kecamatan yang totalnya sebanyak 23 TPS," kata dia.

Ketika disinggung rencana pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Duri Kosambi, Cengkareng, Chaerul belum berani bicara banyak. "Program itu ditangani langsung oleh dinas, jadi kalau mau tahu perkembangannya juga harus melalui dinas," ujar dia. (M-16)

Post Date : 20 Desember 2005