Jabar Potensial Rawan Banjir

Sumber:Pikiran Rakyat - 05 November 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
JAKARTA, (PR).-Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memprakirakan, wilayah pesisir utara Jawa Barat mulai memasuki musim hujan pada November 2007 ini. Di antara daerah-daerah itu adalah Karawang barat laut-Indramayu, Subang bagian timur dan tenggara, dan bagian tenggara Cirebon.

Kepala BMG Sri Woro B. Harijono menuturkan hal tersebut di Jakarta, Jumat (2/11). Untuk seluruh zona musim di Indonesia, sekitar 55 % akan memasuki musim hujan pada November dan Desember 2007.

"Yang masuk (musim hujan) bulan November kira-kira 40%. Yang masuk Desember 15% lagi. Yang lain sudah masuk lebih dahulu," ujarnya.

Sri Woro menjelaskan, dari zona musim --dari barat sampai ke timur-- sekitar 4 % di antaranya memasuki musim hujan sejak Agustus. Lalu, 7 % sejak September, dan 34 % sejak Oktober.

Untuk total pulau Jawa, sebanyak 41 zona musim yang akan memulai musim hujan November ini, termasuk wilayah pesisir Banten dan DKI Jakarta. Sedangkan, pada Desember mendatang, sebanyak 5 zona musim yang mulai musim hujan.

Potensi banjir

Mengenai peta prakiraan daerah potensi rawan banjir November-Desember, untuk wilayah Prov. Jawa Barat pada November 2007 ini, yang terbilang tinggi tingkat potensi banjirnya adalah daerah Bogor dan Ciamis.

Daerah tingkat potensi menengah adalah Garut, Ciamis Cianjur, Sukabumi, Bogor. Sedangkan, yang termasuk tingkat potensi rendah adalah Bandung, Bekasi, Bogor, Cirebon, Garut, Indramayu, Subang, Majalengka, dan Sumedang.

Memasuki Desember mendatang, daerah potensi rawan banjir yang termasuk tingkat potensi tinggi antara lain Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, dan Cirebon, Garut, Indramayu, Subang, Majalengka, Sukabumi, dan Sumedang.

Selanjutnya, untuk prakiraan tinggi gelombang laut satu minggu ke depan, antara lain pada Sabtu (3/11), misalnya, gelombang dapat terjadi 2,0-2,5 meter di perairan Aceh, perairan Mentawai, Samudra Hindia barat daya Enggano, dan Samudra Hindia selatan Jawa.

Gelombang dapat terjadi 2,5- 3,0 meter di Samudra Hindia Barat Mentawai dan Laut Arafura, dan rekomendasi (peringatan dini) gelombang dapat terjadi 3,0-5,0 meter di Laut Cina Selatan dan perairan Aceh bagian barat.

Prakiraan Jumat (9/11), gelombang dapat terjadi 2,0-2,5 meter di Laut Sulu, perairan Aceh bagian barat, Samudra HIndia selatan Bali dan Laut Arafura. Gelombang dapat terjadi 2,5-3,0 meter di laut Cina Selatan dan Laut Natuna, dan rekomendasi (peringatan dini) gelombang dapat terjadi 3,0- 5,0 meter di Samudera Hindia barat daya Enggano dan Samudra Hindia selatan Jawa. (A-94)



Post Date : 05 November 2007