Investasi Pengolahan Air Bersih Tangerang Rp 500 Miliar

Sumber:Koran Tempo - 28 Mei 2008
Kategori:Air Minum

TANGERANG -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tangerang Endang Sudjana mengungkapkan nilai investasi untuk pengolahan air bersih di Kabupaten Tangerang sebesar Rp 500 miliar.

Dana sebesar itu akan dikelola perusahaan swasta untuk menyiapkan fasilitas dan jaringan pipa serta mengolah air permukaan menjadi air bersih di wilayah itu dalam kurun waktu 25 tahun.

Semula, katanya, investasi itu senilai Rp 313 miliar. "Tapi, karena kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak), naik menjadi Rp 500 miliar," ujar Endang kemarin.

Endang mengatakan kerja sama pemerintah dan swasta tentang pengolahan air bersih akan segera terealisasi. Dewan, kata dia, mendorong agar rencana itu segera berjalan sehingga permasalahan air bersih dapat diatasi. Masyarakat pun bisa mengkonsumsi air yang bersih dan sehat.

Pemerintah Kabupaten Tangerang memang berencana melibatkan pihak swasta dalam mengelola air bersih di wilayah itu. Ini dilakukan karena perusahaan air di daerah itu tidak mampu melayani masyarakat luas. Sumber air bersih, seperti sumur dan sungai, telah tercemar bakteri dan zat kimia berbahaya. Selain itu, kabupaten tersebut terancam krisis air bersih karena eksploitasi air bawah tanah oleh kalangan industri.

Menurut Endang, swasta akan membiayai semua kebutuhan pengelolaan air bersih dari pengolahan hingga pemasangan pipa air dan jaringan. Dia menambahkan, kerja sama swasta itu kini dalam kajian analisis terhadap perjanjian kerja sama dan kesiapan pemerintah daerah.

Eni Suhaeni, Ketua Panitia Khusus Kerja Sama Pemerintah dan Swasta, menambahkan, DPRD Kabupaten Tangerang akan berkonsultasi dengan Departemen Keuangan dan pakar hukum. Konsultasi itu meliputi soal jaminan keuangan serta kelemahan dan kelebihan masalah kerja sama pemerintah dan swasta itu. Dia berjanji pembahasan ini akan selesai bulan depan.

Menurut Eni, keterlibatan swasta untuk mengolah air permukaan akan mengatasi ancaman krisis air, eksploitasi air bawah secara besar-besaran, dan penurunan kualitas air bersih karena limbah industri.Joniansyah



Post Date : 28 Mei 2008