Injeksi Air Permukaan dengan Teknologi ASR

Sumber:Pikiran Rakyat - 16 Juni 2006
Kategori:Air Minum
BANDUNG, (PR).Mengoptimalkan air permukaan terutama untuk di perkotaan seperti untuk cekungan Bandung, sudah lama dikenal teknologi Aquifer Storage and Recovery Technology (ASR). Teknologi yang sekarang banyak digunakan di negara maju tersebut, berupa teknik menyimpan air permukaan ke dalam akifer tertentu dengan cara injeksi melalui sumur produksi ketika air berlebih seperti hujan atau banjir.

Akifer adalah lapisan batuan dalam tanah yang mampu menyimpan dan mengalirkan air tanah, ujar Prof. Dr. Deny Juanda P. ketika menjadi salam satu pembicara dalam Rapat Kerja Persatuan Perusahaan Air Minim Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jabar, di Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB, di Jln. Dayangsumbi, Kota Bandung, Kamis (15/6).

Rapat diikuti 63 peserta dari 21 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di Jawa Barat. Sedangkan pembicara lainnya, Dr. Ir, Indratmo Soekarno, Prof. Sugandar, Ir. Rusnandi Garsadi, dan dr. Kadarsah.

Sebelumnya, ditandatangani nota kesepakatan bidang percepatan peningkatan pelayanan air bersih atau air minum di Jawa Barat, antara Permasi Jabar dengan LAPI ITB. yang ditandangani Ketua DPD Perpamsi Jabar, H.D. Sudradjat, M.M. dan Dirut LAPI, Dr. Ir. Indriatmo Soekarno.

Sedangkan ruang lingkup yang dikerjasamakan, antara lain optimalisasi pemanfaatan sumber daya air, penyempurnaan dan pengembangan sistem jaringan perpipaan, pengembangan instalasi pengolahan air bersih, dll.

Injeksi air

Deny menjelaskan pula, prinsip kerja ASR, yakni melakukan injeksi air dengan kualitas tertentu secara hati-hati menuju akifer tertentu. Pada suatu saat, air tersebut dapat diambil kembali ketika dibutuhkan. Dengan demikian, teknologi tersebut sangat cocok diaplikasikan di perkotaan, mengingat sistem tersebut dapat mengupayakan keberlangsungan jumlah dan kualitas air.

Manfaat lain dengan teknologi ASR, menjanjikan pemenuhan kebutuhan air tanah dalam jangka panjang, ujar Deny.

Disebutkan Deny, pemilihan teknologi dalam menyimpan air tanah dengan ASR lebih murah ketimbang menyimpan di permukaan menggunakan tangki yang butuh biaya kontruksi. (A-121)

Post Date : 16 Juni 2006