Indonesia Water Supply Infrastructure PPP Investment Opportunities 2010

Penerbit:Jakarta, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kementerian Pekerjaan Umum, 2010, 36 hal
No. Klasifikasi:332.6 BAD i
Kata Kunci:indonesia water supply, infrastructure, PPP (kerjasama pemerintah swasta), investment, 2010
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Buku

Penyediaan infrastruktur air minum, menjadi prasyarat bagi kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. Ketersediaan sistem air minum berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi regional, peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan. Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan sistem air minum antara lain dengan adanya kesenjangan antara kebutuhan dengan tingkat pelayanan baik diperkotaan maupun diperdesaan, tidak meratanya keberadaan sarana dan prasarana di daerah, pengelolaan yang tidak efisien serta kurangnya dana baik untuk pengembangan maupun untuk pengelolaan.
           
Perubahan paradigma di era desentralisasi menuntut para kepala daerah untuk menjadi manajer perkotaan dalam membangun daerahnya, termasuk mencari dan memobilisasi dana baik untuk pembangunan maupun pengelolaan sistem penyediaan air minum. Salah satu alternatif potensial adalah mengundang dana swasta untuk masuk berinvestasi. Peran serta swasta diharapkan juga akan mengurangi kesenjangan dalam pelayanan air minum. Subsektor air minum memerlukan peningkatan investasi yang signifikan guna memenuhi kebutuhan yang terus meningkat serta untuk mencapai target Millenium Development Goals serta target pelayanan 10 juta sambungan.
           
Buku ”Peluang Investasi KPS Infrasruktur Air Minum di Indonesia/ Indonesia Water Supply Infrastructure PPP Investment Opportunities“ ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi para investor mengenai peluang investasi sistem penyediaan air minum di Indonesia.
   
Daftar Isi/ List of Content:

Daftar Isi (List of Content)

Kata Pengantar (Preface)

Profil Air Minum di Indonesia (Indonesia Water Supply Profile)

Kebijakan Air Minum (Water Supply Policies)

Kerjasama Pemerintah Swasta (Public Private Partnership)

Project Digest KPS yang potensial (Potential PPP Project)



Post Date : 19 April 2010