Indonesia sebentar Lagi… (The Twilight)

Pengarang:WALHI
Penerbit:Jakarta, WALHI (Wahana Lingkungan Hidup)
No. Klasifikasi:333.7 070 18 WAH i
Kata Kunci:VCD, Walhi, lingkungan, krisis ekologis
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Compact Disc

Kondisi lingkungan hidup Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Praktek eksploitasi yang tengah berlangsung selama puluhan tahun secara besar-besaran telah menyebabkan Indonesia masuk ke dalam tahapan bencana ekologis, yaitu suatu akumulasi dari krisis ekologis.
 
VCD yang diproduksi oleh WALHI dalam 2 bahasa ini (Indonesia-Inggris) mencoba menyadarkan masyarakat akan kondisi lingkungan hidup Indonesia yang sudah sangat mengkhawatirkan serta memberi gambaran akan hal-hal yang menyebabkan terjadinya krisis ekologis di Indonesia. Dari masalah pertambangan, kenestapaan kehidupan pesisir dan lautnya, krisis air dan kerusakan sungai, mimpi buruk hutan Indonesia, serta kekerasan dan konflik sumber daya alam.
 
Solusi dari permasalahan ini menurut WALHI adalah kekuatan manusia, yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan ini, sebelum segalanya menjadi terlambat, serta mengubah prinsip pembangunan yang tadinya hanya memikirkan aspek ekonomi semata, menjadi sustainable development (pembangunan berkelanjutan), pembangunan yang mempertimbangkan aspek sosial serta perlindungan daya lingkungan dan ekosistem.
 



Post Date : 09 Juni 2008