India Ciptakan Toilet Ramah Lingkungan

Sumber:Media Indonesia - 20 Oktober 2007
Kategori:Sanitasi
JAKARTA (Media): Toilet murah dan ramah lingkungan kini sedang diproduksi di India. Toilet tersebut juga membantu mengurangi pemanasan global. Pasalnya limbah yang dihasilkan toilet langsung diolah menjadi biogas. Air yang digunakan pun berasal dari limbah daur ulang.

Bindeshwar Pathak, pendiri Sulabh International Social Service Organization menjelaskan, toilet murah dan sederhana itu sangat dibutuhkan masyarakat dunia, terlebih di negara-negara berkembang. ''Masih banyak warga yang belum memiliki akses untuk membuang limbah dengan toilet. Toilet ramah lingkungan tersebut akan membantu 2,6 miliar penduduk dunia dalam membangun sanitasi murah dan mengurangi pemanasan global,'' kata Pathak seperti dikutip AFP, kemarin.

Toilet murah dan ramah lingkungan tersebut akan dibahas dalam pertemuan World Toilet Summit yang akan berlangsung di New Delhi, India, akhir Oktober ini. Toilet tersebut juga membantu 730 juta penduduk India untuk mendapatkan sarana sanitasi yang ramah lingkungan.

Pathak menambahkan, pembuatan sanitasi ramah lingkungan dan murah juga menjadi bagian Tujuan Pembangunan Milenium yang telah dicanangkan PBB untuk proyek kerja 2000-2015. ''Kami berharap pada 2025 seluruh penduduk dunia telah memiliki akses terhadap sarana sanitasi yang baik dan layak.''

Lebih lanjut Pathak menjelaskan, toilet murah dan ramah lingkungan itu dilengkapi dengan sistem penghancuran bahan-bahan organik yang langsung diolah menjadi biogas. Caranya, di dalam toilet itu dilengkapi dengan mesin listrik yang langsung mengolah limbah organik manusia. Sedangkan air seni bisa dipisahkan melalui fertilasi atau penyaring yang sudah dirancang di dalam mesin tersebut.

Teknologi pengolah limbah organik menjadi biogas itu telah dijalankan oleh tim Pathak di Kabul, Afghanistan. Di negara tersebut, instalasi toilet ramah lingkungan itu telah dibangun dan dimanfaatkan masyarakat.

Organisasi nonprofit yang berdiri sejak 2001 itu memang sangat peduli terhadap persoalan lingkungan dan bertekad melaksanakan delapan Tujuan Pembangunan Milenium. (H-3).



Post Date : 20 Oktober 2007