Hujan Sebentar, Kota Dumai Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 24 Agustus 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

DUMAI- Hujan lebat yang mengguyur Kota Dumai, Minggu (23/8), sejak pukul 17.00 hingga sekitar pukul 20.00 WIB telah mengakibatkan kota yang berada di pantai timur Provinsi Riau itu banjir dengan kedalaman sekitar 50 centimeter sampai 1 meter. ”Hujan lebat sebentar saja banjir datang,” ujar seorang warga Jl Kandis, Kecamatan Dumai Barat, Erly Juwita (46).

Saat ditemui dia sedang sibuk memindahkan barang peralatan rumah tangga miliknya ke tempat yang aman, sementara ketinggian air yang masuk ke rumahnya mencapai lutut orang dewasa. Para tetangganya juga sibuk berbenah bahkan mereka juga tidak dapat menikmati buka bersama keluarga karena air yang deras masuk ke rumah.

Dari pantauan, hampir semua wilayah Kota Dumai tertutup banjir, tidak hanya di permukiman penduduk juga di jalan raya. Banyak kendaraan yang terjebak banjir baik kendaraan mobil maupun sepeda motor seperti di Jalan Sultan Syarif Kasim tepatnya di depan Bank Rakyat Indonesia (BRI) banyak mobil dan motor mogok karena terendam banjir.

Bahkan pertokoan yang banyak terdapat di sepanjang Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai juga terendam air, namun sejauh ini belum ada warga yang mengungsi. Selain itu di Jalan Ombak tepatnya di Jembatan Sungai Dumai kendaraan yang melintas banyak yang terjebak dan mogok karena ketinggian air mencapai satu meter.

Sudah Diimbau Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pulau Sumatera lebih waspada terhadap hujan lebat. Sebab, hujan besar yang disertai angin kencang berpotensi terjadi.
Peluang hujan lebat kemungkinan besar terjadi di Sumatera bagian utara. Hujan sedang, berada di daerah Sumatera bagian utara-tengah, pesisir barat Sumatera bagian utara-tengah, dan beberapa tempat di Maluku bagian utara dan Papua bagian barat-utara.

Hujan ringan berpeluang terjadi di kawasan Sumatera bagian utara-tengah, pesisir barat Sumatera bagian utara-tengah, Kalimantan bagian tengah-selatan-timur, Sulawesi bagian utara dan tengah. Kawasan Maluku bagian utara dan Papua bagian barat-tengah-utara juga akan diwarnai hujan ringan.(ant,dtc-76)



Post Date : 24 Agustus 2009