Hujan Pertama Langsung Banjir

Sumber:Jawa Pos - 08 Oktober 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

DENPASAR - Riziko dari keteledoran. Saat cuaca terang berlangsung pajang pemerintah malah leha-leha. Begitu turun hujan sekali Selasa kemarin, semuanya berantakan. Denpasar terendam. Air meluap hampir di semua jalan.

Hujan deras yang turun seharian penuh kemarin, bukan saja merendam ruas jalan. Kemacetan arus lalu lintas juga terjadi di mana-mana. Seperti di ruas Jalan Gatot Subroto, Jalan Kartini, Jalan Maruti, dan sekitarnya.

Genangan air setinggi lutut orang dewasa memaksa laju kendaraan merambat pelan. Tak sedikit pengendara sepeda motor mendorong kendaraanya lantaran mesin sepeda motor terendam air. ''Susah kalau musim hujan, ini motor pasti rewel," celetuk Arik, pemuda tanggung yang motornya mati di Jalan Gatsu Tengah.

Dia tidak sendirian. Puluhan pengendara lain juga mengotak-atik sepeda motor di tengah guyuran hujan lebat. Sementara di Jalan Kartini dan Jalan Maruti, beberapa warga terlihat sibuk memperlancar aliran air menuju sungai dengan peralatan seadanya.

Mereka bahu membahu memeriksa saluran air. Sumbatan sampah yang menghalangi laju air, diperkirakan menjadi penyebab terjadinya genangan air di sekitar kedua jembatan tersebut. ''Lubang air menuju sungai terlalu kecil, tertutup sampah lagi. Jadi harus rajin-rajin dikontrol," ujar Maksun, salah seorang warga yang hilir mudik di Jembatan Jalan Maruti.(cas)



Post Date : 08 Oktober 2008