Hujan Lebat Sore Hari, Sebagian Jakarta Banjir

Sumber:Koran Tempo - 13 Maret 2008
Kategori:Banjir di Jakarta

 

JAKARTA - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta kemarin sore mengakibatkan beberapa ruas jalan terendam air setinggi 30-80 sentimeter. Sekalipun tak begitu tinggi, banjir itu mengakibatkan kemacetan terjadi di beberapa kawasan.

Berdasarkan pantauan Tempo, salah satu titik kemacetan terjadi di kawasan Senayan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Cipulir, hingga Ciledug. Ratusan kendaraan terjebak macet setelah berebut ruas jalan untuk menghindari genangan air setinggi 50 cm.

Selain di Jakarta Selatan, genangan terjadi di kawasan pusat niaga Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat. Gabriel, 23 tahun, warga Lenteng Agung, bahkan menghabiskan waktu 3 jam ketika melewati kawasan Gambir ke Tanah Abang. "Jangankan mobil, sepeda motor pun nggak bisa lewat," kata dia sambil bersungut.

Kondisi ini mengakibatkan sebagian pengguna kendaraan umum memilih turun dan berjalan kaki. "Kendaraan umum nggak bisa gerak, mending jalan kaki saja, lebih cepat," ujar Ratna, warga Kebayoran Lama.

Sebagian warga lain yang terjebak macet memilih menitipkan kendaraannya di tempat umum. Salah satunya adalah Wahyu, seorang pengendara yang hendak menuju Ciledug. Ia terpaksa menitipkan sepeda motornya di sebuah restoran cepat saji. "Daripada saya lanjutkan, lebih baik dititipkan dan diambil besok," kata dia.

Akibat hujan, ketinggian air yang dilaporkan dari instalasi pintu air Manggarai menunjukkan posisi siaga III. Dion, petugas di pintu air utama Jakarta tersebut, menyatakan ada peningkatan ketinggian air yang mengalir dari kawasan Bogor. Ketinggiannya mencapai 130 cm atau 50 cm di atas ketinggian normal yang mencapai 80 cm.

"Diperkirakan dalam 10 jam air sampai di Jakarta," kata dia ketika dihubungi kemarin. Ia membuka pintu air agar arus lancar dan ketinggian air tetap di bawah 750 cm atau di bawah ambang batas normal.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyatakan hujan lebat di Jakarta kemarin itu agak melenceng dari perkiraan sebelumnya, yang diramalkan hanya berintensitas sedang pada siang dan malam hari. Adapun untuk pagi hari, hanya terjadi mendung dengan kondisi suhu berkisar antara 21-30 derajat Celsius.

Salah seorang dari BMG yang dihubungi kemarin menyebutkan, dalam beberapa hari ke depan, Jakarta akan dilanda hujan sedang hingga lebat. "Berlangsung pada sore dan malam hari akan mengancam Jakarta hingga 17 Maret mendatang," ujarnya. Kawasan yang diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas 5-10 milimeter per jam tersebut antara lain di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. "Pada pagi hari, secara umum Jakarta berawan atau mendung," kata dia. RUDY PRASETYO / FERY FIRMANSYAH
 



Post Date : 13 Maret 2008