Hujan Belum Pulihkan Distribusi Air Bersih

Sumber:Pikiran Rakyat - 06 November 2006
Kategori:Air Minum
CIANJUR, (PR).-Walaupun curah hujan cukup tinggi telah mengguyur beberapa daerah di Kab. Cianjur, namun belum mampu memulihkan distribusi air bersih PDAM Cianjur. Akibatnya, sejumlah pelanggan PDAM saat ini masih menerima pasokan air bersih secara bergiliran.

Seperti dirasakan puluhan pelanggan PDAM di kawasan Pamoyanan Cianjur, distribusi air ke pelanggan tidak stabil. Hal itu dikarenakan sumber air milik PDAM saat ini debitnya masih terbatas.

Sejumlah pelanggan mengeluhkan belum stabilnya distribusi air bersih tersebut, terutama mereka yang tinggal di sekitar Pamoyanan Kec./Kab. Cianjur. Sudah hampir sebulan, selain pasokan air bersih dilakukan secara giliran, ternyata ada di antara pelanggan yang merasakan pasokan tidak menentu dan sering terhenti.

"Distribusi air ke rumah saya sudah sebulan tidak menentu. Memang kami sudah dapat kabar ada masalah teknis, jadi pasokan air digilir, tapi kok ini tidak menentu air tidak ngocor tiap hari, kadang ada kadang tidak," kata Syarif warga Gang Damai Pamoyanan, akhir pekan kemarin.

Berdasarkan informasi, air akan digilir bergantian setiap harinya pada jam-jam tertentu. Namun, yang dirasakan Syarif, ternyata berbeda. Apabila di tempatnya air kadang mengalir kadang tidak sama sekali. Sedangkan pelanggan lain ada yang terus menerus mengalir.

Pihaknya belum mendapat kepastian kapan pasokan air normal lagi. Paling sistem giliran yang diberlakukan bisa sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pasalnya, dengan tidak menentunya pasokan air seperti sekarang, untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka harus sering kali mendapatkan dan mengangkut air dari tempat lain.

Humas PDAM Cianjur, Budi Karyawan membenarkan, saat ini pihaknya masih menerapkan pola distribusi air secara bergiliran untuk beberapa wilayah. Di antaranya terhadap 60 pelanggan di kawasan Pamoyanan. Hal itu diberlakukan sudah hampir sebulan karena ada kendala teknis, ditambah belum pulihnya debit di sumber mata air.

Namun demikian Budi mengatakan, keluhan pelanggan yang mengaku sudah sebulan air PDAM tidak ngocor, itu tidak benar. Pasalnya, untuk pelanggan giliran di berlakukan pada jam tertentu saja, setiap hari tetap mengalir masing masing mendapat giliran 12 jam setiap harinya. (A-116)



Post Date : 06 November 2006