Hingga 2012,Pasokan Air Bersih Medan Aman

Sumber:Koran Sindo - 15 Juni 2007
Kategori:Air Minum
MEDAN (SINDO) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan mencapai 5.246 liter per detik. Dengan jumlah itu,Tirtanadi menggaransi bisa memenuhi kebutuhan air bersih hingga lima tahun ke depan. Produksi air ke pelanggan melalui dua jalur, yakni instalasi dan poster. Ada enam instalasi pada 13 cabang yang ada di Kota Medan.Sedangkan booster digunakan untuk membantu penyaluran air ke masyarakat selain instalasi dengan produksi air sebesar 25 liter per detik, ungkap Kepala Bidang Publikasi Komunikasi Helmiati Batubara kepada wartawan di ruang kerjanya,kemarin. Rencananya, lanjut Helmiati, pihaknya akan melakukan penambahan sebanyak 1.000 liter per detik pada tahun depan, untuk masing-masing instalasi dan booster yang memproduksi air setiap hari.

Penambahan masih harus disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, ujarnya. Untuk memberikan air bersih kepada masyarakat yang berada daerah tingkat II,Tirtanadi melakukan kerja sama dengan instansi terkait pada masing-masing kabupaten/- kota,untuk operasional yang disebut dengan kerja sama operasional (KSO).

Kerja sama sudah dilakukan sejak 2001 dan ditangani langsung PDAM Tirtanadi. Dengan kerja sama tersebut, daerah yang termasuk dalam kerja sama tersebut akan mendapat air bersih,ujarnya. Mengenai pelanggan, hingga Maret jumlah pelanggan untuk Medan sekitarnya tercatat sebanyak 23.171 pelanggan, dan pada KSO tercatat 37.421 pelanggan. Jumlah tersebut meningkat 10% pada tahun lalu dengan periode yang sama.

Total jumlah pelanggan yang tercatat sebanyak 360.592. Dengan jumlah tersebut,Tirtanadi berhasil menyumbangkan pendapatan asli anggaran (PAD)sebesar Rp4,1 miliar kepada Pemprovsu,ujarnya. Ketika ditanyakan mengenai debit air sampai ke rumah tangga sangat kecil, dia mengatakan, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, di antaranya kondisi pipa yang sudah tidak memadai untuk menyalurkan air dari meteran hingga ke rumah tangga. (jelia amelida)



Post Date : 15 Juni 2007