Hari Air Sedunia Akan Disemarakkan di Sumbawa

Sumber:Sumbawa Pos - 18 Maret 2008
Kategori:Air Minum

SUMBAWA BESAR. SP - Secara nasional Hari Air Dunia (HAD) tahun 2008 akan diperingati pada tanggal 22 sampai dengan 29 Maret mendatang Perayaan akan dilakukan dengan serangkaian acara berupa kampanye peduli air dan sanitasi Internasional, seminar dan lokakarya gerakan masyarakat. penggalakan HAD daerah, serta publikasi.
Pelaksanaan Hari Air Dunia di kabupaten Sumbawa, akan dilakukan dengan kampanye Hari Air Dunia dan penyehatan lingkungan melalui sanitasi menggunakan medium informasi sosial dengan memasang sepanduk diberbagai wilayah di daerah

Sekretaris Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Sumbawa. Zainal Arifin, S.Pt. M.Si kepada Sumbawa Post di ruang kerjanya. Senin (17/03) mengatakan, sebagai upaya mendukung dan merayakan Hari Air Dunia. Kelompok Kerja AMPL Nasional bersama Pokja Provinsi dan kabupaten turut merayakan Hari Air Dunia. dengan menarik perhatian khalayak, agar kepedulian terhadap sanitasi di lingkungannya tumbuh dan meningkat
Hal itu menurutnya, karena masalah sangat erat kaitannya dengan perubahan perilaku

masayarakat, yang dewasa ini masih banyak ditemui masyarakat yang berperilaku sanitasi yang buruk, seperti misalnya buang air besar di sungai. pantai, tanah terbuka yang semuanya mengancam kesehatan masayarakat.
" Bagi yang memiliki jamban keluarga. persoalan sanitasi masih menyisahkan masalah, ketika limbahnya dibuang langsung ke parit. sungai, atau kedalam tanah tanpa perlindungan, hal itu kalau dibiarkan akan berpotensi rnencemari sumber air yang bisa dipergunakan oleh masayarakat” kata Arifin. seraya melanjutkan. pihak yang paling menderita dari semua akibat penanganan limbah yang tidak benar adalah masyarakat yang tidak mampu. yang tidak mendapatkan pelayanan air minum yang baik.

Sehingga dengan perayaan Hari Air Dunia, kata Zainal Arifin. diharapkan pengambil keputusan dan masayarakt luas dapat Iebih memahami pentingnya sanitasi dalam kehidupan mereka. bahwa sanitasi penting untukk kesehatan rnanusia, juga dengan sanitasi dapat rnenumbuhkan keuntungan ekonomi meningkatkan derajat hidup dan pengembangan sosial: sehingga melalui sanitasi justeru menolong perlindungan lingkungan.
Sebagai gambaran diuraikan Zainal Arifin, Hari Air Dunia merupakan inisiatip yang tumbuh dari Konfrensi Persatuan Bangsa Bangsa tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Jeneiro (1992), dan PBB menetapkan tanggal 22 Maret setiap tahun sebagai Hari Air Dunia, dan diperingati mulai tahun 1993. Negara-negara dihimbau untuk melaksanakan rekomendasi PBB dengan kegiatan nyata yang sesuai dengan konteks nasional
"Secara Internasional, PBB akan memperingati Hari Air Dunia di Jenewa 20 Maret 2008 Penduduk dunia didorong untuk merayakan Hari Air Dunia. untuk menarik perhatian terhadap tantangan program sanitasi dunia. khususnya dalam mencapai target milinium berupa pelayanan penyediaan sanitasi dasar bagi separuh penduduk yang belum terlayani pada tahun 2015," ungkap Arifin.

Sehingga tambahnya, tema Hari Air Dunia selalu berubah-ubah setiap tahunnya, pada tahun 2005 bertema air untuk kehidupan. pada tahun 2006 bertema air dan kebudayaan, pada tahun 2007 bertema, bergulat dengan kelangkaan air dan pada tahun 2008. sejalan dengan pencanangan tahun sanitasi internasional. sehingga Hari Air Dunia sekarang ini bertema Sanitasi (A.R)



Post Date : 18 Maret 2008