Gubernur Minta BPAM Dembe jadi Deplot

Sumber:Gorontalo Post - 19 Agustus 2005
Kategori:Air Minum
Gorontalo - Gubernur Fadel Muhammad meminta seluruh desa di Provinsi Gorontalo meniru model pengelolaan air minum di Desa Dembe I, Kota Barat, yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat melalui LPM setempat. Fadel menyatakan, model tersebut bisa menjadi demplot (percontohan) daerah dalam mengelolaan air minum secara mandiri.

Jika ini bias diikuti oleh desa desa lainnya, maka suatu ketika masyarakat tidak lagi terlalu bergantung pada Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM, red), ujar Fadel disela sela kunjungannya di wilayah itu, Kamis (18/8), bersama sejumlah pejabat daerah se kabupaten/kota, konsultan WASPOLA, Alma Arief, Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), Bappenas, Oswar M, serta Kepala Bappeda, Winarni Monoarfa.

Fadel mengaku kagum atas inisiatif masyarakat di wilayah itu yang bias memanfaatkan potensi air minum lewat manajemen yang yang tak kalah dengan PDAM. Kunjungan gubernur ini dilakukan setelah beberapa jam memimpin Road Show dalam rangka penyusunan renstra AMPL di Rudisnya pagi itu.

Sebelum ke Dembe I, gubernur bersama rombongan sempat meninjau PAM di Kabila, Bone Bolango. Di sini, gubernur menyatakan akan berupaya menambah kapasitas mesin sehingga bisa mensuplai air pada wilayah yang lebih luas.

Usai di Kabila, Fadel langsung memboyong sejumlah rombongan daerah dan nasional itu menuju PATM (pompa air tanpa mesin) di Desa Hunggaluwa, Kecamatan Limboto. Di lokasi ini, Fadel meninjau ke sejumlah titik yang sudah terpasang pompa dan sudah bisa memproduksi air.Fadel malah memutar salah satu kran pompa yang segera memancarkan air yang cukup deras . Fadel menyatakan, jika seluruh mesin ini sudah terpasang, maka bisa mengairi sedikitnya 1000 ha lahan sawah yang membentang d sepanjang Limboto.

Dengan sistem PATM ini, pemerintah telah melakukan efisiensi yang cukup besar jika dibandingkan membangun irigasi-irigasi raksasa. Saat ini yang baru terpasang sebanyak 37 mata sumur. Kalau sudah terpasang semuanya, saya akan mengundang menteri PU untuk meresmikan pengoperasian peralatan ini, janjinya. (GP-54)

Post Date : 19 Agustus 2005