Gubernur Bantu Air Bersih di Daerah Kering

Sumber:Suara Merdeka -30 Juli 2005
Kategori:Air Minum
PATI - Gubernur Mardiyanto mulai memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Pati dan Rembang yang mengalami kekeringan. Bantuan disampaikan melalui Badan Koordinasi Lintas Wilayah (Bakorlinwil) I.

Kepala Bakorlinwil I Ir Suyono Suripno SIP MT melalui Kepala Subbidang HAL Provinsi Drs Ibnu Santosa mengatakan, di wilayah Pati bantuan air bersih itu diberikan di enam desa di Kecamatan Batangan. Salah satunya di Desa Mangunlegi. Selebihnya di Kecamatan Juwana, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Winong, dan Kecamatan Sukolilo.

Khusus di Kecamatan Sukolilo, masyarakat yang kekurangan air terdapat di beberapa desa di kawasan Pegunungan Kapur Kendeng Utara. Yakni, Desa Tompegunung, Porangparing, Sumbersoko, dan Kuwawur.

"Sebab, masyarakatnya selama ini biasa menggunakan sumber air (belik) yang ada di desa masing-masing. Namun sumber air itu saat ini mulai berkurang," ujarnya.

Sebelumnya, selama dua minggu pengedropan air dilakukan di wilayah Kabupaten Rembang.

Pihaknya mengerahkan enam unit mobil tangki air berkapasitas 5.000 liter/unit.

Dalam jangka waktu itu, pihaknya mengirim 216 tangki. Masyarakat di Pati juga akan mendapatkan jumlah yang sama.

Secara keseluruhan, bantuan air bersih di wilayah kerjanya dalam tahun 2005 adalah 2.250 tangki. Pelaksanaan pengedropan berikutnya akan dijadwalkan sesuai dengan permintaan kabupaten/kota. Kabupaten Blora, Grobogan, Demak, Kendal, dan Jepara. Semua daerah itu sampai saat ini belum mengajukan permintaan bantuan.

Dia meminta tiap-tiap kabupaten/kota di wilayah Bakorlin I segera mendata desa-desa yang warganya mulai mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Dengan alokasi persediaan sebanyak itu, paling tidak selama musim kemarau jangan sampai ada warga yang mengalami kekurangan air bersih." (ad-54n)

Post Date : 30 Juli 2005