FKMPA Buka Posko Pengaduan Pelanggan Air

Sumber:Waspada Online - 27 Februari 2008
Kategori:Air Minum

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia 2008 Forum Komunikasi Masyarakat Pelanggan Air (FKMPA) bekerjasama dengan YLKI Sumut membuka ‘Posko Pengaduan Pelanggan Air' dan akan menggelar serangkaian kegiatan dalam Paket ‘Gerakan Bersih Sungai' (GBS), yang dimulai 26 Februari-26 Maret 2008 di Jl AR Hakim No 112 C dan Jl Sena (Kantor YLKI SU).

Azri SMAK, SE, selaku Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Pelanggan Air (FKMPA) menyebutkan di antornya Selasa (26/2), kegiatan tersebut antara lain berupa kampanye ‘Sadar Sungai Bersih' kepada masyarakat sepanjang Bantaran Sungai Sunggal-Belawan, Lomba Pidato Hari Air Dunia Tingkat SMU/Sederajat Putra-Putri yang dilaksanakan pada 13-15 Maret 2008.

Serangkaian dengan itu akan didirikan Posko GBS sementara puncak Peringatan Hari Air Dunia 2008 akan dilaksanakan pada 22 Maret 2008 di Bantaran Sungai Sunggal dekat Instlasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi.

Diharapkan acara tersebut akan dibuka oleh Gubsu Drs Rudolf M Pardede, ujar Azri didampingi H Abu Bakar Siddiq, SH, Ketua YLKI Sumut dan Sekretaris, Agus Susanto di Sekretariat Jl AR Hakim No 112 C/206 C Medan.

Pembukaan Posko Pengaduan Pelanggan Air dimaksudkan sebagai komitmen FKMPA dan YLKI Sumut untuk melindungi eksistensi konsumen pelanggan air agar memperoleh hak-hak normatifnya sesuai UU Konsumen No 8 Tahun 1999."Saya berharap informasi tentang adanya gangguan pelayanan air haruslah lengkap alamat dan datanya sehingga dapat dicek dan dilakukan langkah-langkah perbaikannya, bukan informasi yang sengaja digantung atau dipolitisir dengan tanpa berani menyebutkan alamat jalan beserta nomor rumah pelanggan,"ujar Abu Bakar.

Sedangkan Kampaye ‘Sadar Sungai Bersih' dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang arti-pentingnya menjaga kebersihan sungai. Sungai bukan tempat sampah, dan bahaya sungai yang tercemar bagi kesehatan. Sedang Lomba Pidato Hari Air Dunia 2008 yang diikuti lebih kurang 200 peserta dari siswa/i SMU sederajat se kota Medan yang mengambil tema ‘Selamatkan Sungaiku dari Pencemaran' bertujuan untuk menamakan kesadaran dan tanggungjawab moral generasi muda bangsa khususnya para remaja dalam menjaga kelestarian dan kebersihan sungai dan berani mengatakan'Perang terhadap Pencemaran Sungai', papar Agus Susanto yang juga Direktur LSM, Humantias Indonesia.

Azri SMAK, SE menambahkan, pada puncak Hari Peringatan Air Dunia nanti kita telah merancang tidak hanya sebatas acara seremonial tetapi kita akan melakukan beberapa paket kegiatan penting yaitu penanaman 1000 pohon, pelepasan perahu Napak Tilas Sungai dan Pameran Lingkungan serta pameran Teknologi Ramah Lingkungan berupa ‘Tong Sampah' mini yang dapat mendaur ulang sampah organik menjadi kompos, hasil rekayasa teknologi Jepang.

"Kita juga akan mengundang 5 Cagub/Cawagubsu untuk ikut terlibat dalam peringatan Hari Air Dunia' agar memiliki tanggungjawab secara struktural dan moral dalam membangun Sumatera Utara yang berwawasan lingkungan,"tandas Azri. (m28) (ags) 



Post Date : 27 Februari 2008