Buku ini menguraikan hasil studi evaluasi tentang unit-unit kecil penyedia layanan (small-scale providers/SSP) air minum dan sanitasi di Peru. Dari hasil evaluasi tersebut digambarkan latar belakang adanya SSP dan pengalaman para operatornya, dengan menekankan pada cakupan layanan, kualitas pelayanan, harga, dan keberlanjutannya. Evaluasi ini juga memberikan usulan peningkatan pelayanan kepada pasar bagi SSP secara tradisional.
Studi ini dibagi ke dalam tiga bagian: (a) penilaian untuk menentukan mengapa sektor kebijakan dan sumber daya keuangan dan kelembagaan belum menghasilkan ketentuan pelayanan kepada seluruh populasi, terutama bagi sebagian yang dilayanai SSP; (b) berbagai survey di 14 komunitas dengan SSP dan analisa respon terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan aspek legal, teknik, pasar, dan keuangan, berdasarkan persepsi pelanggan; dan (c) rekomendasi kebijakan untuk SSP dan hal-hal yang diperlukan untuk mendukung penyampaian jasa layanan yang lebih baik.
Post Date : 17 September 2007
|