Empat Kelurahan Dapat Paket Sarana dan Prasarana Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 02 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
TEGAL - Empat kelurahan di Kota Tegal kini sedang membangun sarana dan prasarana (sarpras) air bersih. Keempat kelurahan itu adalah Panggung (Kecamatan Tegal Timur), Keturen (Tegal Selatan), Pesurungan Lor (Margadana) dan Mintaragen (Tegal Timur).

Kepala DPU Ir M Wahyudi melalui Kasubid Cipta Karya Agus Santoso kemarin mengatakan, masing-masing paket sekitar Rp 370 juta yang diperoleh dari dana alokasi khusus (DAK). Proyek itu akan selesai Desember 2007.

''Kalau sudah jadi diharapkan bisa mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat di empat kelurahan itu. Sebab debit masing-masing air bersih sekitar 1,3 liter/detik,'' tuturnya.

Dia mengaku tak mengerti alasannya mengapa empat kelurahan itu yang mendapatan bantuan. Sebab proyek ini sebelumya akan dikerjakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat.

Namun dalam perkembangannya, proyek kemudian diserahkan ke DPU. Namun sepengetahuan Agus, usulan proyek ditempatkan di empat kelurahan itu karena juga berdasarkan usulan dari bawah.

Soal Listrik

Agus mengakui, dalam pelaksanaan proyek ini pihaknya harus mengadakan sosialisasi. Ini karena dalam praktiknya nanti, pengambilan air dilakukan dengan tenaga listrik. Sedangkan penggunaan arus listrik harus membayar. ''Karenanya dalam sosialisasi nanti, kami akan membentuk organisasi pengguna air bersih dan pengelola,'' tuturnya.

Adapun organisasi akan diisi oleh lima orang tokoh yang berperan sebagai penampung asirasi. Sedangkan posisi pengelola nantinya akan difungsikan sebagai operator pompa, terdiri atas tiga orang.

Kepala Kantor Kesbanglinmas Sugeng Suwaryo SSos mengatakan, pihakya sudah mendapat laporan adanya sumur warga di beberapa kelurahan yang sudah mulai sulit mengeluarkan air. Di antaranya itu terjadi di Kelurahan Keturen, Tunon. Beberapa kelurahan lain seperti di Tegalsari dan Panggung dilaporkan sudah ada air sumurnya yang terasa sangat asin.(aj-17)



Post Date : 02 Oktober 2007