Empat Kecamatan Didrop Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 05 Juli 2007
Kategori:Air Minum
KLATEN- Pemkab Klaten mulai kemarin sudah mendistribusikan 390.000 liter air bersih ke wilayah Kecamatan Kemalang, Tulung, Jatinom, dan Karangnongko. Kabag Sosial, Rantiman SH mengatakan dari empat wilayah kecamatan itu kemarin sudah dikirimkan 78 tangki. Masing-masing tangki berkapasitas 5.000 liter.

"Kami targetkan maksimal 12 tangki/hari," jelasnya Rabu (4/7).

Namun, tidak semua desa yang mulai dilanda kekeringan bisa menikmati air bersih yang dikirim Pemkab Klaten. Sebab, selain jarak tempuh yang jauh juga daya tampung tangki terbatas. Wilayah terparah yang dilanda kekurangan itu meliputi Kecamatan Jatinom dan Kemalang.

Di Kecamatan Jatinom sudah dikirim 36 tangki dan di Kemalang sudah dikirim 32 tangki. Di Kecamatan Kemalang, sebanyak 12 desa sudah mengajukan permintaan resmi.

"Untuk wilayah itu memang dimaklumi karena berada di lereng Gunung Merapi. Jika dalam sepekan ini tidak turun hujan, maka dipastikan wilayah kekurangan air akan meluas ke Kecamatan Manisrenggo."

Pengamatan di beberapa desa, hujan selama dua hari pekan lalu sangat membantu. Sebab, bisa mengisi bak penampungan warga meski hanya cukup untuk minum ternak.

Camat Manisrenggo, Drs Sukidi mengatakan wilayahnya belum begitu kekurangan air bersih. Namun kemungkinan sebagian wilayah Kecamatan manisrenggo bakal membutuhkan suplai air bersih pada saat puncak kemarau, yakni akhir Juli - Agustus nanti.

"Para petani dan peternak sudah saya anjurkan untuk mulai berhemat air," ujar dia.

Warga tidak bisa mengandalkan hujan kiriman yang tidak pasti. Khusus untuk air minum masih bisa diperoleh.

Namun sebagian petani mulai menggunakan pompa disel untuk menyedot air dalam memenuhi kebutuhan pengairan di sawahnya. (H34-50)



Post Date : 05 Juli 2007