Empat Desa Terendam Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 18 Februari 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BREBES - Ratusan rumah di empat desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Babakan, Senin malam (16/2).

Yakni, di Desa Karangmalang, Dukuhturi, Padakaton dan Ketanggungan. Ketinggian banjir rata-rata mencapai setengah hingga satu meter. Rumah milik Sanuri (49), warga Desa Karangmalang, rusak berat akibat diterjang derasnya arus Sungai Babakan yang meluap. Tembok rumah yang berada tepat di tepi sungai itu jebol karena tak kuat menahan terjangan air.

Selain rumah, banjir yang membawa lumpur itu juga merendam beberapa sekolah dasar (SD), Mapolsek Ketanggungan, Koramil Ketanggungan dan jalur utama Pejagan-Purwokerto. Ketinggian genangan air di jalur tengah itu mencapai 30 cm. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat.

Sementara, ratusan siswa di SDN Ketanggungan 02 dan SDN Ketanggungan 05 terpaksa diliburkan. Seluruh ruang kelas di kedua sekolah itu terendam banjir dengan ketinggian 50 cm.

Gotong Royong

Hingga kemarin pagi, air masih menggenangi rumah dan sekolah, namun, air mulai menyusut. Sejumlah warga terlihat membersihkan rumahnya. Guru dan siswa SD yang diliburkan juga bergotong royong membersihkan ruang kelas dari lumpur yang dibawa banjir.

Sanuri, warga Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan menuturkan, banjir terjadi setelah wilayahnya diguyur hujan deras selama beberapa jam. Akibatnya, Sungai Babakan meluap. Air dari luapan sungai itu mulai masuk ke rumah penduduk sekitar 18.00. Arusnya sangat deras dan membawa lumpur. ”Sekitar pukul 19.30, tembok rumah saya jebol diterjang derasnya arus air. Saat itu, ketinggian air sudah mencapai satu meter. Untungnya, anak dan istri saya sudah mengungsi,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN Ketanggungan 05, Joko Surono mengatakan, pihaknya terpaksa meliburkan siswa karena ruang kelas tak bisa untuk kegiatan belajar mengajar. Meski air sudah surut, tetapi banjir menyisahkan lumpur di dalam kelas. ”Seluruh ruang kelas kebanjiran. Siswa terpaksa saya liburkan. Kegiatan dialihkan untuk bersih-bersih,” terangnya.

Kasi Linmas Kantor Kesbangpol dan Linmas Pemkab Brebes, Mujahidin mengatakan, wilayah Ketanggungan merupakan daerah rawan banjir akibat limpasnya Sungai Babakan. Itu terjadi karena alur sungai sudah dangkal dan sempit. ” Banjir ini terjadi karena di daerah selatan juga hujan deras,” ujarnya saat mengecek lokasi banjir. (H38-52)



Post Date : 18 Februari 2009