Empat Desa Diusulkan Dapat Bantuan Pompa Air

Sumber:Pikiran Rakyat - 05 Juli 2006
Kategori:Air Minum
SUMEDANG, (PR). Pemkab Sumedang meminta Departemen Pekerjaan Umum agar menyalurkan paket pompa air tenaga surya bantuan dari Australia kepada empat desa yang selama ini kesulitan air bersih.

Usulan tersebut disampaikan melalui surat oleh Bupati Sumedang tanggal 29 Mei 2006, sebagai tanggapan atas adanya penawaran dari Departemen PU ke Pemkab Sumedang, mengenai adanya bantuan tersebut.

Kepala Bidang Fisik dan Sarana Bapeda Sumedang, H. Usep Komaruzzaman, Selasa (4/6), menyebutkan, berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya dari Departemen PU, tahun ini Indonesia mendapat bantuan sejumlah paket pompa air tenaga surya dari negara Australia.

"Menurut rencana dari pihak departemen PU, paket bantuan itu di antaranya akan diberikan ke Kabupaten Sumedang," ujarnya, seraya menambahkan, jumlah paket pompa air tenaga surya bantuan negara Australia, direncanakan Departemen PU, akan disalurkan ke Provinsi Jawa Barat, sebanyak enam paket.

Usep mengatakan, setiap paket bantuan itu jika diuangkan nilainya lebih kurang Rp 500 juta. Berupa satu unit pompa air tenaga listrik berkemampuan menaikan air maksimal setinggi 100 meter dengan volume air 5 liter per detik, plus seperangkat alat catu daya listrik tenaga surya (solar cell) sebagai sumber energi listrik untuk pompa air tersebut, dan bak penampung.

Dalam paket bantuan senilai itu, ujarnya, juga sudah termasuk biaya pemasangan alat, pipa penyalur, hingga bisa menyalurkan air dari sumber air ke reservoir (tempat penampungan air).

Diungkapkan, keempat desa yang telah diusulkan Bupati Sumedang untuk mendapatkan paket bantuan tersebut, masing-masing, Desa Mulyajaya, Kec. Wado, Desa Cipamekar, Kec. Conggeang, Desa Ambit, Kec. Situraja, dan Desa Citepok, Kec. Paseh. Keempat desa tersebut diusulkan mendapat bantuan paket tersebut, karena selama ini warganya kesulitan memperoleh air bersih. (A-91)

Post Date : 05 Juli 2006