Empat Desa Bebas Kesulitan Air

Sumber:Indopos - 27 Februari 2008
Kategori:Air Minum

TULUNGAGUNG - Jeda waktu kampanye pilbup, tak membuat Bupati Heru Tjahjono berhenti melakukan kegiatan pemerintahan. Kemarin, orang nomor satu di Pemkab Tulungagung itu mengunjungi lokasi pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) PDAM di Desa Kradenan, Kecamatan Pagerwojo. Setidaknya empat desa sekarang bebas kesulitan air bersih setelah instalasi tersebut telah berfungsi.

Kunjungan tersebut untuk memastikan sistem pendistribusian air ke penduduk berjalan lancar atau tidak. Bupati sempat mendapat penjelasan dari direktur PDAM Setyowati seputar cara kerja IPA tersebut. Baik dalam menampung air dari beberapa sumber yang ada dipegunungan, pengolahannya serta proses penyalurannya hingga sampai ke rumah penduduk. "Saat ini sudah ada 1.600 KK yang teraliri air bersih dari IPA PDAM Kradenan," terang Setyowati.

Kondisi tersebut tentu sangat berbeda dibanding sebelum IPA dibangun. Karena bila musim kemarau tiba, warga di Desa Kradenan, Mulyosari, Samar dan Pagerwojo kerap mengalami kesulitan air bersih. Demikian juga saat musim penghujan tiba. Selain mengandalkan tampungan air hujan, mereka harus berjalan jauh sekadar untuk mendapat air bersih.

Kesulitan air bersih yang dulu sering mereka alami tampaknya tidak akan pernah mereka alami lagi sejak instalasi PDAM resmi difungsikan, beberapa bulan lalu. Berdasar jumlah permintaan saluran yang telah tersambung ke rumah-rumah penduduk, saat ini ada 1.600 KK yang mendapat jatah air bersih. Meliputi warga yang berada di empat desa sekitar lokasi IPA. Seperti Desa Kradenan, Mulyosari, Samar dan Pagerwojo. Bupati Heru Tjahjono bersama rombongan tidak hanya menyempatkan diri mengecek ke bangunan serta instalasi PDAM, tetapi juga meninjau ke beberapa rumah penduduk yang mendapat saluran air bersih tersebut. (des/cam)



Post Date : 27 Februari 2008