Dulu Warga Ini Konsumsi Air Campur Kotoran Hewan

Sumber:Kompas - 23 Oktober 2012
Kategori:Air Minum
WAELENGGA, KOMPAS.com - Warga masyarakat Kampung Kakang, Dusun Lada, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur kini sudah mulai menikmati air bersih di depan rumahnya berkat bantuan air bersih dari Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).
 
Dari pantauan Kompas.com, Selasa (23/10/2012), sejumlah ibu-ibu mulai menimba air di depan rumah mereka dengan menggunakan jeriken di pipa aliran yang sudah dipasang tenaga teknis dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. Dari zaman dulu, warga masyarakat Desa Pong Ruan tidak pernah menikmati air minum bersih, mereka selalu mengambil air di Kali Wae Tuan untuk konsumsi maupun kebutuhan mandi dan cuci pakaian. Terkadang air yang diambil dari kali bercampur dengan kotoran hewan.
 
Beberapa ibu yang ditemui Kompas.com mengaku merasa gembira dan senang karena kini mereka tidak usah pergi jauh lagi mengambil air bersih. Kini air bersih sudah bisa ditimba di depan rumah masing-masing.
 
"Kami tidak lagi menimba air dengan jarak belasan kilometer. Kini kami mulai menimba air minum bersih di depan halaman rumah masing-masing. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas yang sudah membantu masyarakat dengan tulus," ucap warga saat ditemui di Dusun Lada, Kampung Kakang, Desa Pong Ruan, Selasa (23/10/2012).


Post Date : 23 Oktober 2012