Dubes AS Canangkan Proyek Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 19 Juni 2012
Kategori:Air Minum
MAKASSAR – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scot Marciel melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan sarana air bersih dan sanitasi di Kelurahan Rappocini,Kecamatan Rappocini Makassar, kemarin. 
 
Sarana air bersih dan sanitasi ditargetkan menjangkau 7.000 kepala keluarga pada 10 kelurahan di Kecamatan Rappocini ini menelan dana USD700.000. Proyek hasil kerja sama USAID dengan PDAM Kota Makassar ini diharapkan rampung 2014 mendatang. Dubes Scot yang didampingi perwakilan UNICEF di Makassar Angela Kearney mengemukakan program sarana air bersih di Makassar hadir untuk memenuhi target Millenium Development Goals (MDGs) 2015. 
 
Salah satunya adalah ketersediaan air bersih bagi masyarakat perkotaan. Disamping itu, proyek ini diharapkan mendukung program clean and green di Kota Makassar. “Program ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan dari masyarakat Amerika Serikat terhadap masyarakat Indonesia khususnya Makassar melalui USAID yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kebersihan di daerah ini. Program ini akan berjalan hingga 2014 dan menjangkau 7.000 orang di wilayah Rappocini,”ujarnya,kemarin. 
 
Scot menjamin, program ini akan memberikan manfaat besar pada kualitas hidup masyarakat yang ada diKota Makassar. Menurutnya, Kota Makassar tercatat sebagai penerima bantuan tersebut dari total USD2,2 juta yang disalurkan untuk Sulsel. Scot menambahkan, ribuan masyarakat di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera telah menikmati program ini. Sementara,Wakil Wali Kota Makassar Supomo Guntur meminta kepada masyarakat Kota Makassar agar meningkatkan kesadarannya dalam menjaga fasilitas publik khususnya sarana air bersih dan sanitasi bantuan dari USAID. 
 
Dia juga memberikan penghargaan kepada USAID atas kontribusinya dalam mendukung program clean and green di Kota Makassar. “Kesuksesan program ini sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat. Karena itu, masyarakat harus menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab untuk memelihara sehingga sarana air bersih ini dapat digunakan dalam waktu yang lama,”ujarnya. 
 
Kegiatan peletakan batu pertama juga dihadiri Asisten II Pemprov Sulsel Yaksan Hamsah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar Ibrahim Saleh,Camat Rappocini Muh Nasir beserta lurah di kecamatan tersebut. supyan umar 


Post Date : 19 Juni 2012