Dua Sungai Meluap, Cilacap Barat Terendam

Sumber:Kompas - 10 Juni 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Cilacap, Kompas - Sejumlah desa di Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sejak Jumat (8/6) malam hingga Sabtu diterjang banjir. Lebih dari 20 rumah terendam banjir, beberapa talud sungai ambrol, dan satu ruas jalan ambrol, tetapi tak ada korban jiwa.

Banjir dipicu hujan yang turun terus-menerus di sekitar Kecamatan Dayeuhluhur, berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kuningan, Jawa Barat, Jumat pukul 11.00-21.00. Akibatnya, Sungai Cijurai di Sungai Cidatar meluap.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Cilacap Yayan Rosiawan menyebutkan, desa yang kebanjiran ada- lah Desa Dayeuhluhur dan Siwalen.

Sebanyak 20 rumah di Desa Dayeuhluhur terendam air hingga satu meter. Juga satu gedung sekolah dasar, satu gedung madrasah ibtidaiyah, dan Kantor Kecamatan Dayeuhluhur.

Di Desa Siwalen, lahan sawah seluas tiga hektar dan satu hektar kolam ikan siap panen terendam. Sebuah masjid di Desa Hanun roboh. Kemarin banjir mulai surut dan warga sudah pulang ke rumahnya.

Banjir menyebabkan talud sepanjang 15 meter di Sungai Cidatar dan talud penahan bangunan Kantor Polsek Dayeuhluhur sepanjang enam meter ambrol.

Sementara jalan penghubung antardesa di Desa Bingkeng longsor lima meter. "Sejak Sabtu pagi, warga gotong royong memperbaiki jalan yang longsor," ujar Yayan. Korban banjir telah diberi bantuan beras 1,5 ton dan 25 kardus mi instan. (MDN)



Post Date : 10 Juni 2007