Dua Desa Ajukan Bantuan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 14 Juli 2008
Kategori:Air Minum

KENDAL- Ketersediaan air bersih di sejumlah desa langganan kekeringan di Kendal, sejauh ini masih terjaga. Memasuki musim kemarau, baru dua desa yang mengajukan bantuan pasokan air bersih.

’’Dua desa tersebut adalah Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Winong, Pegandon, yang masing-masing telah dipasok air bersih enam tangki dan satu tangki (isi 5.000 liter/tangki),’’ ungkap Kabag Sosial Setda Kendal Drs Biyanto melalui stafnya, Jembar, kemarin.

Permintaan air bersih ke dua desa tersebut, imbuh dia, telah dilakukan dalam satu pekan terakhir. ’’Namun, permintaan susulan, sampai hari ini belum ada. Pengiriman air di Desa Magelung untuk persediaan di masjid desa,’’ katanya.

Dia menjelaskan, sejumlah desa yang pada musim kemarau kesulitan air bersih antara lain dirasakan di Kecamatan Patean, sebagian desa di Sukorejo, Pegandon (Desa Wonosari) dan Ngampel (Desa Winong). ’’Sampai kini desa-desa di beberapa kecamatan itu belum mengajukan permintaan pasokan air bersih. Diperkirakan jika sampai awal Agustus tak turun hujan, mereka akan mengajukan pasokan air,’’ tuturnya.

Untuk memasok kebutuhan air bersih, Pemkab bekerja sama dengan PDAM. ’’Biasanya pasokan air bersih ke setiap desa  berkisar dua tangki per hari. Pemkab siap memasok kebutuhan air kepada warga sesuai dengan kebutuhan mereka. Mobil tangki yang akan melayani pasokan air sebagian sudah diremajakan,’’ ujarnya.

Dengan demikian, kuantitas pengiriman ke lokasi sasaran lebih meningkat. Pihaknya mengimbau kepada pemerintah desa untuk segera mengajukan bantuan air seandainya warganya  membutuhkan. (G15-37)



Post Date : 14 Juli 2008