Droping 775 Tangki Air Bersih

Sumber:Indopos - 29 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
SRAGEN - Selama musim kemarau, Pemkab Sragen telah mendroping air bersih sebanyak 775 tangki ke sejumlah daerah yang rawan kekeringan. Musim kemarau kali ini merupakan yang terpanjang disbanding tahun sebelumnya. Akibatnya penyaluran air bersih ini juga meningkat.

"Ya, memang droping air bersih tahun ini cukup banyak. Kalau tahun sebelumnya tidak sampai 700 tangki. Tahun ini tembus 775 tangki," kata Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) pemkab Sragen Supriyatno kemarin (26/10).

Dikatakan Supriyanto, droping air bersih ini tersebar hampir rata di kecamatan se-Sragen. Tapi yang lebih banyak permintaan droping air bersih di tiga kecamatan. Yakni, kecamatan Jenar, Tangen dan Sumberlawang. Masing - masing kecamatan ini rata - rata lima desa hampir setiap hari meminta droping air bersih. Sedangkan daerah lain di bawah jumlah tersebut.

Dari data di Dinkesos, total seluruh desa yang meminta air bersih ada 26 desa. Jumlah tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan. Sedangkan memasuki musim hujan ini, sebagian desa sudah tak meminta droping air bersih. Tapi sebagian desa masih meminta di-droping.

"Contohnya di desa Galeh, kecamatan Tangen hingga kini masih minta air bersih. Desa paling ujung timur utara Sragen ini tergolong paling banyak permintaan air bersih ke pemkab. Sebab memang air sangat minim," jelas Supriyatno.

Supriyanto melanjutkan, meski musim hujan datang, pemkab masih menerima permintaan droping air bersih. Dinkesos berkoordinasi dengan PDAM Sragen siap menyediakan air bersih. Sebab ini merupakan kebutuhan fival bagi masyarakat. "Stok air bersih masih banyak. Jika warga ingin minta droping masih dapat dilayani," ujarnya.

Direktur PDAM Sragen Aris Wahyudi menambahkan, musim kemarau kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, kalau 2006 lalu droping air tak sampai masuk kota Sragen. Sedangkan kemarau tahunb ini sudah medekati kota Sragen. "Di kecamatan Ngrampal sempat minta droping air bersih," kata Aris Wahyudi. (un)



Post Date : 29 Oktober 2007