Drainase Perlu Ditata Kembali

Sumber:Pontianak Post - 20 Juli 2005
Kategori:Drainase
Singkawang,- Setiap kali hujan turun di Kota Singkawang pasti air tergenang di mana-mana. Hal itu terlihat di sejumlah tempat. Pemerintah kota hendaknya harus menata drainase yang ada di Kota Singkawang ini. Demikian permintaan warga kota, kepada Pontianak Post, kemarin.

Menurut Juliadi warga Kelurahan Jawa kepada Pontianak Post, hendaknya pemerintah memikirkan persoalan drainase ini.

"Suksesnya pelaksanaan pembangunan di Kota Singkawang oleh wali kota, bisa juga dilihat dari pembangunan dalam kota yakni drainase. Sebab, drainase sangat dibutuhkan. Jika ditata dengan baik, selain keindahan juga akan memberikan kesehatan bagi warga," jelas dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Ria pelajar SLTP negeri di Singkawang. Menurut dia, pemerintah tak boleh mengabaikan drainase yang berada di tengah kota. "Drainase sangat dibutuhkan, apalagi sekarang musim hujan. Setiap hujan pasti ada genangan air, yang juga membahayakan bagi keselamatan pengedara," kata dia, dijumpai secara terpisah.

Wali Kota Singkawang pernah berucap kepada masyarakat Perumnas Roban Singkawang, bahwa kedepan pemerintah akan menata drainase yang ada disana. "Kita tetap usahakan bahwa drainase ini bisa kita tata sehingga musim hujan air segera keluar," katanya, belum lama pada suatu kesempatan.

Warga Roban, Kasim Ibrahim menyatakan bahwa masyarakat setempat mendambakan tata ruang yang baik dan minta drainase dibenahi. "Timbulnya berbagai penyakit di Roban tak terlepas dari dranase yang sampai saat ini dirasakan kurang. Karena itu, pemerintah harus membuat drainase khususnya di Roban," katanya, terpisah. "Saya yakin jika ini terealisasi, maka bisa mengurangi penyakit yang timbul di masyarakat, walaupun bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya penyakit karena drainase kurang," kata dia. (zrf)

Post Date : 20 Juli 2005