Drainase Buruk, Jalan Cepat Rusak

Sumber:Koran Sindo - 15 Juli 2008
Kategori:Drainase

KONDISI sejumlah ruas jalan di Kota Medan dianggap tak layak untuk dilintasi. Salah satu penyebabnya adalah kondisi drainase yang buruk.

’’Kondisi jalan raya yang sudah diperbaiki rusak lagi dalam beberapa bulan akibat drainase yang kurang baik sehingga terjadi genangan air di satu titik.Belum lagi tonase kendaraan yang melintas tidak sesuai kemampuan jalan,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan Ruslan Effendi seusai rapat dengar pendapat di Gedung Dewan kemarin.

Untuk mengatasi masalah itu,harus ada kerja sama yang baik antara dinas terkait dan masyarakat. Jika tidak, anggaran perawatan jalan senilai Rp4 miliar yang dianggarkan setiap tahun tidak akan berguna. ’’Sementara itu, untuk drainase, kami akan melakukan perbaikan di 10 titik tahun ini,”ungkapnya.

Dia mengungkapkan,PU akan mengerjakan proyek drainase lebih dulu. Setelah itu, mereka akan mengerjakan proyek jalan. Sebelumnya, Komisi D DPRD Medan mempersoalkan 18 proyek jalan dan drainase pada 2007 yang tidak bisa dikerjakan rekanan. Akibat hal ini,pembangunan Medan terbengkalai.

’’Kami mau tahu penyebabnya apa? Ternyata, 18 rekanan tidak mampu mengerjakan proyek itu sesuai kontrak,” ungkap anggota Komisi D DPRD Medan Ahmad Parlindungan.

Menanggapi hal itu, Ruslan Effendi menegaskan bahwa 18 rekanan itu sudah mendapat sanksi berupa denda. ’’Mereka tidak bisa mengerjakan, kami tidak mencairkan dana.Ke depan kami juga akan lebih berhati-hati menyeleksi rekanan yang mengajukan penawaran dalam pengerjaan proyek,” ungkapnya. (fakhrur rozi) 



Post Date : 15 Juli 2008