Drainase Buruk Akibatkan Jalan di Tangerang Tergenang

Sumber:Media Indonesia - 22 Desember 2009
Kategori:Drainase

TANGERANG--MI: Hujan deras yang mengguyur Kota dan Kabupaten Tangerang sejak pagi hingga siang hari, menyebabkan terjadinya genangan air di sejumlah  jalan di daerah tersebut, Selasa (22/12). Akibatnya arus lalu lintas tersendat karena menghindar  genangan  yang mencapai ketinggian hingga 30 sentimeter.

Berdasarkan pemantauan, genangan air terjadi di beberapa titik ruas  jalan protokol, diantaranya Jalan Imam Bonjol, KH Hasyim Ashari, MH Thamrin, Gatot Subroto (Kota Tangerang), dan Jalan Raya Serang, Kabupaten Tangerang.

Air tergenang hingga ketinggian 30 cm, karena drainase yang ada di sisi jalan tersebut selain sempit juga terjadi pendangkalan, sehingga tidak mampu menampung debit air hujan. "Jangankan hujan sampai berjam-jam, dua jampun air di selokan itu pasti meluber," Kata Warto, warga Babakan, Kota Tangerang yang sedang berteduh di emperan toko di Jalan Imam Bonjol, Kota Tangerang.

Akibatnya, kendaraan roda empat maupun roda dua yang melintas di jalan tersebut harus menghindar ke sisi kanan lantaran genangan air di pinggiran selokan meninggi. Itu membuat jalan itu tampak padat.

Selain itu, banyaknya  kendaraan roda dua yang parkir untuk berteduh di bawah jembatan jalan-jalan tersebut. Hal itu juga memicu tersendatnya arus lalu lintas.  Mengingat para pengemudi  harus hati-hati melajukan kendaraan di separuh jalan-jalan tersebut. (SM/OL-03)



Post Date : 22 Desember 2009