DPU Tambah Empat Rumah Pompa

Sumber:Suara Merdeka - 07 Desember 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
SEMARANG - Untuk mengantisipasi banjir, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang menambah empat rumah pompa. Keempat rumah pompa tersebut, yakni di Kali Beringin (Tugu), Kali Pacar, Gebangsari (Kaligawe), dan Kali Tlogosari. Selain itu, instansi itu juga menyiapkan tambahan pompa berkapasitas 600 liter/detik untuk rumah pompa Bandarharjo V, Jl Lanal.

Kepada wartawan, YMT Kepala Infokom Achyani SSos menjelaskan, secara total rumah pompa baru itu memiliki kapasitas 2.550 liter per detik. Secara terinci, untuk Kali Beringin disiapkan pompa berkapasitas 150 liter/detik, Kali Pacar 600 liter/detik, Kaligawe 1.200 liter/detik, dan Tlogosari 600 liter/detik.

''Penyediaan pompa itu sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi genangan di daerah tersebut. Namun, sampai saat ini belum ditentukan berapa jumlah pompa untuk tiap-tiap titik,'' kata Achyani, Rabu (6/12).

Ditambahkannya, pembangunan rumah pompa Kali Tlogosari, Pedurungan, dibiayai dengan dana rekonstruksi pascabencana, dari APBD Perubahan. Pembangunan rumah pompa dianggarkan Rp 1,17 miliar, sementara pompa dan aksesorisnya dianggarkan Rp 1,79 miliar.

63 Pompa

Dia memaparkan, saat ini Pemkot memiliki 26 rumah pompa, dengan jumlah pompa 63 unit. Keseluruhan pompa itu memiliki kapasitas lebih dari 16.000 liter per detik. Kalau ditambah dengan pompa-pompa yang sedang dalam proses pembuatan, kapasitas pompa akan menjadi lebih dari 19.000 liter per detik.

Secara umum, kata dia, pompa-pompa yang ada di Semarang dalam kondisi baik dan bisa beroperasi. Hanya satu unit pompa di Jl Manggis yang mengalami kerusakan dan pompa di Polder Tawang dalam proses perbaikan. ''Mudah-mudahan perbaikan itu cepat selesai. Tapi, secara umum rumah-rumah pompa dalam kondisi siap untuk mengantisipasi musim penghujan,'' tandasnya.

Dalam beberapa kali kesempatan sebelumnya, Kasubdin Pengairan DPU Kota Semarang Ir Fauzi MT menyampaikan hal senada. Menurut dia, rumah-rumah pompa yang dikelola DPU dalam kondisi siap menghadapi musim penghujan.

''Rata-rata bisa beroperasi dengan baik. Kalaupun ada kerusakan, hanya perlu perbaikan-perbaikan kecil yang kami upayakan bisa segera selesai.'' (H9,H12-62)



Post Date : 07 Desember 2006