Distribusi Air PDAM Terganggu

Sumber:Koran Sindo - 19 Maret 2012
Kategori:Air Minum
MEDAN-Pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi kembali terganggu. Kali ini, masyarakat Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang bersiap menghadapi gangguan pasokan air bersih selama dua hari.
 
Pekerjaan pembuatan saluran drainase di lingkungan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sei Ular yang kini sedang dilaksanakan oleh PT Waskita Karya (persero),dipastikan membuat distribusi air dari dari perusahaan milik Pemerintah Daerah Sumatera Utara (Pemprovsu) tersebut ke wilayah Kota Lubukpakam terganggu. Pelaksana Tugas Kepala Divisi Publik Relations PDAM Tirtanadi Jumirin mengatakan, terdapat tiga titik lokasi yang dilintasi pipa transmisi 250 mm dan 200 mm yang merupakan jalur keluar dari IPA Sei Ular.
 
Jalur harus direlokasi dengan membuat kuda-kuda pipa transmisi. “Kami menyiapkan tiga titik lokasi agar distribusi air tetap berjalan. Jadi walau ada gangguan, air tetap bisa didistribusikan,” ujarnya,kemarin Pekerjaan pembuatan kuda- kuda pipa transmisi 250 mm dan 200 mm tersebut akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama sudah dilaksanakan pada 14 Maret lalu. 
 
Untuk tahap kedua, baru dilaksanakan besok (20/3) dan tahap ketiga 26 Maret mendatang. Dia mengatakan, pada saat pelaksanaan tahap kedua pembuatan kuda-kuda pipa transmisi yang dijadwalkan besok, kapasitas produksi IPA Sei Ular bakal diturunkan.Karena itu pendistribusian air kepada pelanggan di Kota Lubukpakam bakal terganggu selama dua hari ke depan.Pendistribusian air kepada pelanggan baru bisa normal kembali Kamis (22/3) mendatang. “Untuk itu,kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, informasi dan keluhan dapat disampaikan ke PDAM Tirtanadi Cabang Deli Serdang atau melalui Call Center 500444,” tuturnya. 
 
Sementara itu, Staf Humas PDAM Tirtanadi Sumut Zaman Karya Mendrofa mengatakan, pembuatan kuda-kuda pipa transmisi itu dilakukan dalam rangka menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan, khususnya pelanggan di Cabang Lubukpakam. “Selain itu, untuk menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan,PDAM Tirtanadi secara rutin melakukan pencucian Sludge Basin Clarifier di IPA yang ada,” terangnya. 
 
Pencucian ini dilakukan agar pelayanan kepada pelanggan tidak mengalami gangguan secara terus-menerus.“Pencucian ini sangat penting,agar air yang didistribusikan ke masyarakat tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya,”tandasnya. siti amelia


Post Date : 19 Maret 2012