Distribusi Air Bersih Baru 40%

Sumber:Koran Sindo - 06 Agustus 2010
Kategori:Air Minum

CIREBON (SI) – Setelah terputus hingga empat hari akibat pipa induk pecah di Plangon,Kecamatan Sumber,Kabupaten Cirebon,distribusi air bersih untuk 54.000 pelanggan PDAM Kota Cirebon akhirnya mulai mengalir.

”Sejak Rabu (4/8) pukul 19.00 WIB, air dari water plan (tempat pengolahan air) di Plangon sudah mulai dialirkan kepada para pelanggan. Pendistribusian dilakukan bertahap dan kemarin baru 40%,” ujar Direktur Utama PDAM Kota Cirebon Wiem Wilantara kemarin. Setelah mengalir, air tidak otomatis sampai pelanggan karena terlebih dahulu mengisi pipa yang panjangnya mencapai puluhan kilometer yang sama sekali kosong. Selain itu, puluhan ribu pelanggan juga secara bersamaan membuka keran air. ”Berdasarkan pantauan kami baru beberapa daerah yang sudah mendapatkan pasokan air seperti di Pilangsari, Jalan Kartini, Jalan Tuparev,dan Perumahan Burung,” jelasnya.

Menurut Wiem, distribusi air diperkirakan normal dalam waktu tiga hari ke depan. Dia meminta para pelanggan yang belum mendapat pasokan air bersabar selama masa pemulihan.”Pendistribusian air dilakukan bertahap dan mudah- mudahan dalam waktu tiga hari ke depan sudah 100%,” ujarnya. Ditanya kekuatan pipa PDAM yang dipasang sejak 1981 itu, dia mengatakan berdasarkan perencanaan kekuatan pipa air bisa bertahan hingga 50 tahun. Jebolnya pipa PDAM di kawasan Plangon, Sumber disebabkan posisi pipa di bawah jalan raya posisinya menanjak sehingga menimbulkan beban akibat hentakan kendaraan yang melintasi jalan tersebut.

”Untuk melindungi pipa dari tekanan beban yang menumpuk, kami lakukan pengecoran,” katanya. Berdasarkan pantauan, sejumlah pelanggan PDAM di Kota Cirebon sudah mulai mendapatkan pasokan air.”Air sudah mulai ngocor, tapi baru sedikit, kadang-kadang kosong,” ujar Rusdi,warga Majasem. Namun, beberapa daerah seperti di Jalan Suratno,Kelurahan Kejaksan, dan Perum Gunung Lawu, air sama sekali belum mengalir.” Di rumah saya sampai siang ini air sama sekali belum mengalir,” kata Agus, warga Perum Gunung Lawu.

Diketahui, pipa induk PDAM Kota Cirebon di kawasan wisata Plangon,Kecamatan Sumber,Kabupaten Cirebon, meledak pada Minggu (1/8). Akibatnya, sebanyak 54.000 pelanggan PDAM tidak mendapatkan pasokan air bersih. (ibnu saechu)



Post Date : 06 Agustus 2010