Distan Bangun Rumah Kompos

Sumber:Koran Sindo - 29 April 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MEDAN (SINDO) – Dinas Pertanian (Distan) Sumut berencana membangun enam rumah kompos untuk pengolahan sampah di daerah itu.

Dana pembangunan diperkirakan mencapai Rp100 juta per unit,yang bersumber dari APBD Sumut Tahun TA 2008. Kepala Distan Sumut Bintara Thahir mengatakan, enam rumah kompos itu merupakan pilot project tahun ini untuk mengolah sampah organik menjadi kompos. “Kami akan menggunakan perimbangan dari pupuk kandang.

Sebelumnya, rumah kompos ini sudah ada di kantor kami, meskipun baru digunakan untuk mengolah sampah di sekitar kantor saja,” ujar Bintara kepada wartawan di Medan kemarin. Rumah kompos itu rencananya akan dibangun di sejumlah kabupaten/kota, yaitu Karo, Simalungun, Langkat, Pematangsiantar, Tapanuli Utara,dan Tapanuli Selatan. Khusus di Medan akan dibangun di Balai Benih Induk (BBI) Gedong Johor. ”Diupayakan satu kelompok tani di desa akan mendapatkan rumah kompos ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Arlan Nasution mengatakan, jumlah sampah di Medan setiap hari yang terdapat di tempat pembuangan sementara (TPS) untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) lebih dari 20.000 ton. ”Kami telah mengerahkan armada untuk mengangkut sampah secara rutin,” ujarnya. (jelia amelida) 
 



Post Date : 29 April 2008