Dinas Kebersihan Tambah 18 Unit Truk

Sumber:Koran Sindo - 08 Agustus 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MEDAN (SINDO) – Persoalan sampah di Kota Medan diperkirakan sedikit teratasi setelah Dinas Kebersihan mengadakan 18 unit truk.Pengangkut itu diperkirakan tiba Minggu (10/8).

”Pada 10 Agustus nanti akan datang tambahan 18 unit pengakut sampah, jenis apa berapa harganya, saya tidak tahu. Ini diharapkan bisa membantu penyelesaian masalah sampah di Kota Medan saat ini,”ujar Sekda Kota Medan Afifuddin Lubis saat ditemui SINDO seusai sidang paripurna pembahasan Ranperda Migas di ruang sidang paripurna DPRD Medan kemarin.

Afif –sapaan akrab Afifuddin– menambahkan, persoalan sampah di Medan terjadi karena Pemerintah Kota (Pemko) Medan hanya menganggarkan penyewaan truk konektor,bukan membeli.Alhasil, sejak 2002 pengakut itu disewa.

“Makanya,ke depannya tidak ada lagi yang disewa. Semuanya dibeli.Untuk saat ini sebagian disewa dan sebagian untuk dibeli.Dengan begitu, masalah pengangkutan sampah perlahan bisa teratasi,” ujarnya. Sekda juga menegaskan, pengutipan retribusi sampah dikembalikan kepada Dinas Kebersihan Kota Medan. Dengan begitu pengutipan lebih efisien, karena tidak ada lagi lurah yang mengutip retribusi.

Sebelumnya,Kadis Kebersihan Kota Medan Arlan Nasution mengatakan, tambahan 18 unit truk amrol bisa membantu persoalan sampah di Kota Medan.Sebab,armada yang ada saat ini setiap harinya kelebihan muatan dan bekerja sampai pukul 02.00 WIB.

Selain itu,Arlan juga berharap pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kota Medan 2008,Pemko Medan bisa membeli konvektor.Sebab,anggaran sewa 30 konvektor dikembalikan.” Jadi,kami tidak perlu lagi menyewa,”lanjutnya. (reza shahab)



Post Date : 08 Agustus 2008