Dinamika Riset Volume VIII, No.1, Januari-Maret 2010 Konservasi Adalah Kunci

Pengarang:Redaksi Majalah Dinamika Riset
Penerbit:Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum, 2010, 60 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:639.905 DIN k
Kata Kunci:majalah, Dinamika Riset, majalah Litbang PU, konservasi, bencana penanggulangan & pencegahan
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Majalah

Pada edisi kali ini redaksi Dinamika Riset menyajikan informasi mengenai antisipasi teknis terhadap proses bencana yang terjadi di wilayah Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum telah berupaya memanfaatkan teknologi buatan ataupun vegetatif sebagai hasil karya dan sebuah pemikiran serta ujicoba laboratorium maupun skala lapangan. Seperti model blok beton bergigi yang bisa digunakan di pantai atau tebing sungai. Ada lagi dengan menggunakan geocell.  Ditambah lagi jika diperlukan dengan teknologi vegetatif lewat penanaman rumput vetiver untuk tebing-tebing.
   
Upaya teknis perlu diimbangi dengan upaya non-teknis. Bencana banjir, erosi dan tanah longsor dapat disebabkan karena adanya kerusakan-kerusakan pada hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Kejadian-kejadian tersebut dewasa ini lebih sering terjadi dan dengan besaran atau dimensi yang lebih besar. Hal ini memberikan gambaran bahwa kondisi DAS-DAS kita semakin kritis dan degradasi kualitas DAS semakin meningkat. Oleh karena itu, upaya penanganan DAS dalam rangka pelestarian sumber daya air dengan melibatkan peran masyarakat menjadi sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Konservasi menjadi kata kunci untuk memulai upaya tersebut. Badan Litbang PU sesuai dengan tugas dan fungsinya telah melakukan pendampingan terhadap stakeholder untuk bersama-sama melakukan konservasi di desa-desa yang ada di sekitar hulu DAS.
   
Sebagai acuan dalam melakukan berbagai upaya penanggulangan bencana longsor dan erosi, Badan Litbang PU telah menyediakan berbagai rujukan baik Tata Cara, Pedoman Teknis maupun SNI, sebagai contoh SNI 03-1962-1990 tentang Tata Cara Perencanaan Penanggulangan Longsoran dan PtT-04-2002-B tentang Penanggulangan Erosi Permukaan Lereng dengan Tanaman yang pada edisi ini kami ketengahkan ringkasannya.



Post Date : 11 Mei 2010