Dibangun, Sarana Air Bersih Senilai Rp 25 Miliar

Sumber:Kompas - 10 Februari 2011
Kategori:Air Minum

PURUK CAHU, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah membangun peningkatan sarana air bersih berskala besar senilai Rp25,2 miliar yang ditargetkan rampung hingga 2013 mendatang.

"Pembangunan sarana air bersih yang sudah dimulai akhir 2010 itu merupakan program prioritas, mengingat fasilitas yang ada tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat," kata Wakil Bupati Murung Raya, Nuryakin di Puruk Cahu, Kamis (10/2/2011).

Menurut Nuryakin, pembangunan sarana air bersih berkapasitas dua kali 50 liter per detik itu menggunakan kontrak tahun jamak atau "multiyears", untuk mendukung kegiatan tersebut pemerintah daerah telah membuat peraturan daerahnya.

Saat ini sarana air bersih yang menggunakan bahan bakunya dari Sungai Barito itu sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan air secara maksimal kepada masyarakat, karena kapasitasnya masih kecil atau skala kecamatan sebelum menjadi kabupaten definitif yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara.

Dengan berkembangnya kabupaten ini, kata dia, sudah saatnya dilakukan perluasan dan menambah kapasitas sarana air bersih termasuk penunjang seperti listrik dan fasilitas pendukung lainnya. "Kami harapkan instalasi air bersih itu mampu memenuhi kebutuhan warga Puruk Cahu hingga menjangkau desa dan kecamatan terdekat," katanya.



Post Date : 10 Februari 2011